Magister Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung menyelenggarakan webinar internasional (series 1) dengan tema “Adaptation of Distance Learning to Overcome the Problem of Community Character Building during the COVID 19 Pandemic”. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Magister Pendidikan IPS Angakatan 2020. Hadir secara luring yang dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan Unila, Dr. Riswanti Rini, M.Si., Kepala Prodi Magister Pendidikan IPS, Risma M. Sinaga, M.Hum. dan tamu undangan dari Kepala Prodi Pendidikan Geografi, Dr. Sugeng Widodo, M.Pd.. Serta sejumlah dosen pasca sarjana Magister Pendidikan IPS FKIP Unila yang hadir secara daring melalui via zoom dan youtube, pada Sabtu di Aula Gedung B FKIP Unila (16/10).

Webinar ini diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19. Seluruh panita mengikuti secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sedangan para narasumber dan seluruh peserta mengikuti secara daring dari tempat masing-masing. Kegiatan webinar internasional yang bertempat di Aula Gedung B FKIP Unila ini menghadirkan narasumber internasional dari Univerisiti Utara Malaysia, Malaysia yakni Assoc. Prof. Hisyam bin Dzakaria, PhD. dan narasumber nasional dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung yakni Prof. Nana Supriatna, M.Ed.
Dr. Riswanti Rini, M.Si dalam sambutannya, mengatakan bahwa dalam masa pandemi Covid saat ini, guru tetap dapat membentuk karakter siswa untuk mengubah mereka menjadi warga negara yang siap masa depan di kelas virtual. Untuk menghadapi tantangan masa depan, kita harus terus meningkatkan pendidikan karakter, seperti kreativitas dan kerjasama tim, selain literasi dan numerasi. Kepala Prodi Magister Pendidikan IPS, Risma M. Sinaga, M.Hum. memberikan laporan bahwa sebanyak 890 peserta yang terdaftar dari berbagai provinsi di Indonesia dan berbagai negara salah satunya negara Pakistan. Adanya webinar internasional ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan penting menciptakan pembelajaran jarak jauh yang efektif, bermakna, dan menyenangkan bagi peserta didik.




