Literasi E-learning untuk Efektivitas Pembelajaran

Eduspotnews Sejumlah 20 dosen perwakilan 15 Program Studi dan 20 mahasiswa pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Lampung ikuti Pelatihan Literasi E-learning untuk Efektivitas Pembelajaran yang di selenggarakan oleh Program Studi Pascasarjana S2 Teknologi Pendidikan.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FKIP Unila, Dr. Abdurrahman, M.Si. ini dilaksanakan intensif selama satu hari,  yakni 23 Agustus 2017 bertempat di lantai 2 Gedung Pascasarjana FKIP Universitas Lampung. Adapun narasumber yang mengisi kegiatan ini yaitu Dr. Abdurrahman, M.Si, Dr. Eng, Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc, Amarulloh, S.T., M.Kom., dan Rahmad Wahyudi.

Materi yang disampaikan meliputi Kebijakan Pengembangan Virtual Class di Perguruan Tinggi, Pengembangan E-Learning di Unila, Pengenalan dasar Sistem E-Learning, Input Bahan Berbasis E-Learning, Pembuatan Tugas, Soal, Best Practice, Sinkronous Perkuliahan langsung dan online, real time, Asinkronous, Perkuliahan Tidak langsung (offline), tunda rekaman dan tugas, serta latihan/tugas/pembimbingan.

Sesuai target Universitas Lampung yang akan bertranformasi dari Teaching University menuju Research University, pembelajaran e-learning berfungsi untuk mempercepat dan menarik minat peserta didik dalam pembelajaran, serta mengonsistenkan pembelajaran dengan riset.

Dr. Abdurrahman, mengatakan e-learning merupakan terobosan yang dilakukan FKIP Unila untuk meningkatkan proses pembelajaran berbasiskan teknologi informasi “Tantangan yang harus dihadapi itu antara lain bagaimana e-learning bermanfaat dengan tetap menjamin kualitas yang sama dengan pendidikan di dalam kelas dan menambah kapasitas kampus baik secara internal maupun eksternal, maka dari itu, saya sangat berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas hari ini saja tapi hasilnya dapat terlihat dengan cara sharing ke teman-teman dosen lainnya, dan juga biasanya kalau di kelas mahasiswa malu untuk bertanya, ketika dengan sistem online, mahasiswa terbukti aktif menanyakan hal-hal yang tidak mereka pahami secara individu ” katanya. [Ob/Rf]

Berita Terbaru

Jurusan P.MIPA FKIP Unila Gelar Pelatihan Case Method dan Team Based Project

Bandar Lampung, 25 September 2025 – Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (P.MIPA) FKIP Universitas Lampung menggelar Pelatihan Pelaksanaan Kelas Berbasis Case Method dan Team Based Project pada Kamis (25/9) di Gedung G9 FKIP Unila. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen Jurusan P.MIPA sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di

Hadapi Bonus Demografi, FKIP Unila Bekali Mahasiswa Tingkat Akhir dengan Jiwa Wirausaha

BANDAR LAMPUNG – Menjawab tantangan era bonus demografi dan persaingan dunia kerja yang semakin ketat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menggelar “Pembekalan Kewirausahaan bagi Mahasiswa Tingkat Akhir”. Kegiatan strategis ini diselenggarakan di Aula A FKIP Unila pada Rabu, 24 September 2025, dengan tujuan mengubah pola pikir

Perluas Jaringan Global, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNILA Jajaki Kolaborasi dengan Debre Berhan University, Ethiopia

BANDAR LAMPUNG – Dalam rangka memperkuat program internasionalisasi dan meningkatkan kualitas akademik, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (UNILA) telah menggelar pertemuan penjajakan kerja sama dengan Debre Berhan University, Ethiopia. Pertemuan awal yang produktif ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom

Perkuat Jaringan Internasional, FKIP Unila Lanjutkan Kerja Sama dengan UMTE Russia

Bandar Lampung, 15 September 2025 — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) terus memperluas jejaring internasional melalui kerja sama dengan University of Management Technologies and Economics (UMTE) Russia. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Rektor dan Wakil Rektor UMTE ke Unila pada tahun lalu, serta

LMS dan Siakadu

Translate »