Sambutan sekaligus pembukaan kegiatan oleh Wakil Dekan III FKIP Unila Hermi Yanzi, S.Pd., M.Pd., yang diwakilkan oleh Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung, Dr. M. Nurwahidin, S.Ag., M.Ag., M.Si., beliau menyampaikan apresiasi tinggi atas terselenggaranya kegiatan kolaboratif ini dan menegaskan pentingnya jejaring akademik internasional dalam memperkuat kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.
“International Guest Lecture ini menjadi momentum penting untuk memperluas wawasan global dosen dan mahasiswa. Melalui interaksi akademik lintas negara, kita dapat belajar langsung dari praktik terbaik di dunia internasional dan mengadaptasikannya sesuai dengan konteks pendidikan di Indonesia,” ujar Dr. Nurwahidin dalam sambutannya.


Kegiatan akademik bertaraf internasional ini menghadirkan tiga narasumber dari UiTM Malaysia yang membawakan tema-tema aktual seputar inovasi pendidikan, transformasi pembelajaran, dan pengembangan kompetensi abad ke-21.
Adapun tiga topik utama yang diangkat yaitu:
- “Mission Possible: Transforming Sedentary Lifestyle into Active Living through Meaningful and Fun Physical Education”, disampaikan oleh Dr. Ahmad Fahim Zulkifli dari Physical & Health Education, Faculty of Education, UiTM Malaysia. Dalam paparannya, Dr. Fahim menekankan pentingnya peran guru pendidikan jasmani dalam mengubah gaya hidup sedentari menjadi aktif melalui pendekatan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.
- “Future-Ready Play: Preparing Generation Alpha for Coding Thinking in Early Childhood Education”, disampaikan oleh Dr. Fatin Aliana Mohd Radzi dari Early Childhood Education, Faculty of Education, UiTM Malaysia. Dr. Fatin menjelaskan pentingnya menanamkan kemampuan berpikir komputasional (coding thinking) sejak usia dini melalui pendekatan bermain yang kreatif dan kontekstual untuk membentuk generasi Alpha yang siap menghadapi tantangan teknologi masa depan.
- “From Chalkboard to Clickboard: Constructivist Teaching in the Digital Age”, disampaikan oleh Dr. Norhayati Mohd Yusof dari Faculty of Education, UiTM Malaysia. Ia mengulas transformasi pedagogi dari metode konvensional menuju pembelajaran konstruktivistik berbasis teknologi digital yang menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran aktif dan kolaboratif.
Antusiasme peserta terlihat dari tingginya interaksi selama sesi tanya jawab, terutama mengenai penerapan teknologi digital, pendekatan konstruktivistik, dan strategi pembelajaran inovatif di ruang kelas.
Selain memperkaya wawasan internasional, kegiatan ini juga menjadi langkah strategis FKIP Unila dalam mendukung visi Unila untuk menjadi universitas berkelas dunia yang unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Kegiatan International Guest Lecture ini diselenggarakan atas kolaborasi empat program studi di lingkungan Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Unila, yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani (Penjas), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar (MKGSD). Sinergi keempat program studi ini menunjukkan semangat integratif FKIP Unila dalam mengembangkan kegiatan akademik internasional yang relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan kerja sama antara FKIP Unila dan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia akan terus berlanjut melalui berbagai program pertukaran dosen, riset kolaboratif, serta pengembangan inovasi pembelajaran di masa depan.



