FKIP Universitas Lampung: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lampung melaksanakan kegiatan Seminar Nasional yang mengangkat tema “Memperteguh Eksistensi NKRI melalui Jalur Rempah Lada Lampung sebagai Warisan Sejarah Dunia” Kamis, 24 Maret 2022 Bertempat di Aula Gedung J FKIP Universitas Lampung. Sejarah Lada Lampung yang diangkat dalam pada seminar Nasional karena pada keresidenan Lampung yang tidak lepas dari sejarah rempah nusantara yang sejak dahulu dikenal sebagai komoditas rempah unggulan. Dari penghasil lada ini yang menjadikan wilayah Lampung sebagai salah satu sentra yang dijadikan tempat penghasil lada penting sejak masa kesultanan banten hingga akhir masa pemerintahan hindia belanda.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring yang di hadiri oleh Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Karomani, M.Si., Ketua senat Universitas Lampung M.Basri, S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Sunyono, M.Si., Direktur pengembangan dan pemanfaatan Kebudayaan, kemendikbudristek RI  Dr  Restu Gunawan, M.Hum., sekaligus menjadi salah satu narasumber, Ketua masyarakat sejarawan Indonesia pusat & Dekan FPIPS UPI Dr. Agus Mulyana, M.Hum., Sejarawan maritim Universitas Islam Negeri, Raden Intan Lampung Dr. Abd. Rahman Hamid, M.Si., Ketua IKA Pend. Sejarah FKIP Universitas Lampung Yanto Purwogiono, S.Pd. yang juga sebagai narasumber, Ketua jurusan pendidikan IPS Drs. Tedi Rusman, M.Si., Ketua jurusan di lingkungan FKIP, Ketua program studi pendidikan sejarah Suparman Arif, S.Pd., M.Pd., Ketua program studi pendidikan ekonomi Dr. Pujianti, S.Pd., M.Pd., Ketua program studi pendidikan geografi Dr. Sugeng Widodo, S.Pd., M.Pd., Ketua program studi pendidikan PPKN Yunisca Nurmalisa, S.Pd., M.Pd., Dosen pendidikan sejarah FKIP Universitas Lampung, Ketua Program Studi Magister IPS, FKIP Universitas Lampung Dr. Risma Margaretha Sinaga, M.Hum juga sebagai narasumber, Kepala UPTD Museum Lampung, Kepala UPTD Museum Nasional Ketransmigrasian, Ketua program studi pendidikan sejarah di Universitas Muhammadiyah Metro l, STKIP Bandar Lampung, Universitas Megow Pak Tulang Bawang dan Ketua program studi sejarah peradaban Islam universitas Islam negeri Raden Intan Lampung, Ketua MSI Provinsi Lampung Drs. Iskandarsyah, M.H., Ketua pusat perkumpulan prodi pendidikan sejarah seluruh Indonesia (P3SI) Drs. Abdul Syukur, M. Hum., Ketua MGPG Sejarah provinsi Lampung, Ketua asosiasi guru sejarah seluruh Indonesia (AGSI), Ketua MGMP Kota Bandar Lampung, Ketua MGMP Kabupaten Lampung Selatan.

Acara ini di buka langsung oleh Rektor Universitas Lampung, dalam sambutannya Prof. Karomani menyampaikan sejarah itu penting untuk semuanya, sehingga dalam pesan bung Karno jas merah jangan lupakan sejarah karena yang tidak mengerti dan memahami sejarah menyebabkan sulit mengerti masa depan negerinya. Beliau juga menyampaikan dalam sejarah, lada Lampung merupakan komoditas penting yang perlu diangkat kajiannya dalam sebuah seminar ini sehingga masyarakat luas dapat mengerti. Lada Lampung perlu diangkat untuk dilakukan kajian lebih mendalam pada kegiatan penelitian untuk mendapatkan pemahaman baru Jalur Rempah Lada di wilayah Lampung.

Pelaksanaan sendiri menghadirkan narasumber, diantaranya:

  1. Dr. Restu Gunawan, M. Hum. (Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek RI)
  2. Dr. Abd. Rahman Hamid, M. Si. (Sejarawan Maritim & Dosen UIN Raden Intan Lampung)
  3. Dr. Agus Mulyana, M. Hum. (Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia & Dekan FPIPS UPI)
  4. Yanto Purwogiono, S.Pd. (Ketua IKA Pendidikan Sejarah & Dirut Holding PT. Wahan Semesta Merdeka)
  5. Dr. Risma Margaretha Sinaga, M. Hum. (Ketua Program Studi Magister Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung

By eduspot

Leave a Reply

Your email address will not be published.