Kamis, (2/12) Universitas Lampung kembali mengukuhkan Prof. Dr. Syarifuddin Dahlan, M.Pd., sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling Karier yang dilakukan melalui sidang terbuka di Gedung Serbaguna Unila. pengukuhannya, Prof. Dr. Syarifuddin Dahlan, M.Pd., menyampaikan orasi berjudul “Inventori Eksplorasi Karier Arahan Diri (IEKAD) sebagai Peranti Bimbingan dan Konseling Karier”. Acara Sidang Terbuka Pengukuhan Guru Besar Universitas Lampung hari ini dihadiri Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., para wakil rektor, para dekan, ketua lembaga, kepala biro, kepala UPT, dan sivitas akademika melalui daring dan luring.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Dr. Syarifuddin Dahlan, M.Pd., memperkenalkan IEKAD sebagai peranti alternatif bagi upaya peningkatan kualitas layanan intervensi karier yang dilakukan guru bimbingan dan konseling pada sekolah-sekolah di tanah air. Bimbingan konseling karier telah ada bersamaan lahirnya berbagai teknologi baru sebagai akibat perubahan dan perkembangan dunia yang sangat pesat. Layanan ini mengkhususkan bantuannya pada bidang karier yang bertujuan membantu seseorang dalam memahami potensi diri dan dunia kerja atau jenis pendidikan di lingkungannya. Penggunaan IEKAD diyakini banyak menawarkan keuntungan pada konseli dalam melakukan eksplorasi karier. Di antaranya membantu konseli memperoleh informasi karier langsung yang konsisten dengan tipe kepribadiannya dan meningkatkan pemahaman baik terhadap diri sendiri maupun lingkungannya. Peranti ini dikembangkan berdasarkan teori pilihan karier Holland dengan memodifikasi peranti bimbingan karier yang dikembangkannya. Hasil asesmen pada IEKAD berupa karakteristik kepribadian yang dikategorikan dalam 6 jenis yaitu, Realistik, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterprising, Konvensional.

Kesempatan ini adalah menambah satu professor kembali di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan harapan kedepan dosen yang berada di FKIP Unila dapat mengikuti jejak para Guru Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.