Lampung, 9-16 Oktober 2021, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung bekerja sama dengan Aliansi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unila (Almafika FKIP Unila) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Lintas Masyarakat (PANDAWA LIMA) 2021 dengan tema “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Menuju Program Studi Pendidikan Fisika yang Unggul”.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan dengan terjun langsung ke lingkungan masyakarat di masa pandemi. Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah pada masa pandemi Covid-19.

Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa aktif Program Studi S1 Pendidikan Fisika Unila. Kegiatan ini bertujuan untuk Mendukung PSPF dalam mengimplementasikan kurikulum Program MBKM, Menumbuhkan rasa kepedulian dan kekeluargaan antar sesama warga Almafika FKIP Unila dan masyarakat, dan merealisasikan Tri Dharma perguruan tinggi, salah satunya yakni mengabdikan diri kepada masyarakat.

Kegiatan akan dilaksanakan selama 1 minggu, terhitung tanggal 9 Oktober 2021 sebanyak 46 orang mahasiswa telah berangkat ke Dusun Buring, Desa Sukabaru, Kec. Penengahan, Kab. Lampung Selatan. Harapannya para mahasiswa dapat bekerjasama untuk mengabdi kepada masyarakat dan menyalurkan apa yang telah di dapatkan selama di Universitas.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan selama PANDAWA LIMA 2021 adalah Proyek kemahasiswaan, Membangun desa, dan Asistensi Mengajar. Proyek kemanusiaan sendiri berupa kegiatan Basoka (Bakti Sosial Almafika) yaitu penggalangan dana, pakaian layak pakai, dan sembako dari keluarga besar Pendidikan Fisika FKIP Unila. Kemudian untuk Membangun desa ada membangun ruang baca, pelatihan kerajinan tangan, sosialisasi covid, narkoba dan seks bebas, bimbingan belajar dan TPA. Asistensi mengajar bekerja sama dengan SMA kebangsaan dan SMAN 2 Penengahan Lampung Selatan.

Bentuk Kegiatan

By eduspot

2 thoughts on “Program Studi Pendidikan Fisika Unila Bekerja sama dengan Almafika FKIP Unila Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Lintas Masyarakat (PANDAWA LIMA) 2021”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *