Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila) menyelenggarakan konferensi International bergengsi yaitu The 3rd International Conference of Education (ICoPe) 2021 dengan Tema “Harmonizing Competencies in Education towards Society 5.0. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan saluran ofline dan online, dengan aplikasi zoom dan live streaming youtube pada Sabtu, 9 Oktober 2021 di Hotel Radisson Bandar Lampung.

Seminar tersebut dihadiri Dekan FKIP Unila, Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd., Ketua LPPM Unila Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FKIP Unila, Prof. Dr. Sunyono, M.Si, dan sejumlah tamu undangan mulai dari pimpinan fakultas, ketua lembaga, ketua senat, dan para ketua jurusan secara luring. Sementara Prof. Dr. Suharso, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila, hadir secara daring mewakili Rektor Universitas Lampung untuk membuka acara secara resmi. Pada kesempatan tersebut turut hadir secara daring Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Ir. Fahrizal Darminto, MA untuk memberikan sambutan mewakili Gubernur Lampung pada Sabtu, di Aula Hotel Radisson (9/10).

Terdapat 139 pemakalah yang telah terdaftar dalam konferensi ini, 48 diantaranya berasal dari Universitas Lampung dan 91 lainnya berasal dari institusi lain. Adapun peserta yang berasal negara lain yaitu Filipina dan Hungaria. Kegiatan ini menghadirkan 4 Narasumber yang berasal dari India, Taiwan, Singapura, dan Indonesia.
Dalam konferensi ini terdapat 2 sesi presentasi . Sesi pertama dengan Narasumber Prof. V.P Matheswaran daei University Madrass of India dan Prof. Chun Yeng Chang (National Taiwan Normal University sebagai presenter.
Dan Sesi kedua, Prof. Poh Soon Koh Nanyang dari Technological University, Singapore dan Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd. dari Universitas Lampung sebagai presenter.

Luaran dari seminar itu berupa artikel terpublikasi dalam prosiding terindeks scopus atau setara, jurnal internasional beriputasi dan jurnal nasional terakreditasi Sinta. Pada akhir presentasi, terdapat sesi tanya jawab bagi para peserta. Setelah kegiatan konferensi berakhir, Ketua Panitia ICOPE 2021, Listumbinang Halengkara, S.Si., M.Sc. mengucapkan, terima kasih kepaada seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada ICOPE tahun ini serta kepada seluruh panitia dan berbagai pihak yang mendukung kesuksesan acara ini. “Alhamdulillah walaupun sempat ada sedikit kendala jaringan namun secara keseluruhan kegiatan ICOPE 2021 dapat berjalan dengan lancar. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemajuan pendidikan di Provinsi Lampung dan sampai jumpa lagi di ICOPE tahun depan”, tutur Binang. (Umi/Bay Eduspot).

By eduspot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *