Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung menyelenggarakan The 3rd International Conference on Progresive Education (ICOPE) dengan dengan tema “Harmonizing Competencies in Education Transformation towards Society 5.0”. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Hadir secara luring dalam acara tersebut antara lain Dekan FKIP Unila, Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd., Ketua LPPM Unila Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FKIP unila, Prof. Dr. Sunyono, M.Si, dan sejumlah tamu undangan dari pimpinan fakultas, ketua lembaga, dan para ketua jurusan di lingkungan Unila. Sementara Prof. Dr. Suharso, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila, turut hadir secara daring mewakili Rektor Universitas Lampung, pada Sabtu, di Aula Hotel Radisson (9/10).

Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, konferensi ini diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring). Sebagian peserta dan panitia mengikuti secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sedangkan para narasumber dan sebagian besar peserta mengikuti secara daring dari tempat masing masing. Kegiatan yang bertempat di Aula Hotel Radisson Bandar Lampung ini menghadirkan Narasumber Internasional dari 4 Negara yaitu India, Singapura, Taiwan, dan Indonesia. sedangkan para peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan beberapa negara sahabat, yaitu Hungaria dan Filipina. Konferensi ini dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Lampung, yang diwakili oleh Prof. Dr. Suharso, Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila. Pada acara pembukaan, para peserta konferensi disambut dengan Tari Bedana sebagai identitas utama tuan rumah penyelenggara, yaitu Provinsi Lampung, Indonesia.

Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan “ICOPE merupakan sebuah ajang berdiskusi dan bertukar pikiran untuk membahas isu pendidikan. ICOPE telah diselenggarakan sejak tahun 2019. tahun ini merupakan tahun ketiga, dengan narasumber dari berbagai negara dan topik yang berbeda,” ujarnya.

Selain jajaran pimpinan FKIP Unila, Fahrizal Darminto selaku Sekertaris Daerah Provinsi Lampung juga turut hadir pada acara ini secara daring mewakili Gubernur Lampung, Arinal Junaidi. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa konferensi ini selaras dengan tujuan utama Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, yaitu untuk terus melakukan peningkatan kualitas di bidang pendidikan”. (Umi/Bay Eduspot).

By eduspot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *