Foto Bersama

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung menyelenggarakan The 3rd International Conference on Progresive Education (ICoPE). Seminar dengan tema “Harmonizing Competencies in Education Transformation towards Society 5.0,” ini mengundang 4 Narasumber Internasional yang berasal dari India, Taiwan, Singapura, dan indonesia. Seminar tersebut dihadiri Dekan FKIP Unila, Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd., Ketua LPPM Unila Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FKIP unila, Prof. Dr. Sunyono, M.Si, dan sejumlah tamu undangan yang terdiri dari para dekan, ketua lembaga, dan ketua jurusan di lingkungan Unila. Sementara Prof. Dr. Suharso, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila, hadir secara daring mewakili Rektor Universitas Lampung, pada Sabtu, di Aula Hotel Radisson Bandar Lampung (9/10).

Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 200 peserta. Sebagian besar peserta merupakan presenter makalah dari kalangan mahasiswa, peneliti maupun dosen yang hadir secara online via zoom meeting, baik dari dalam maupun luar negeri (Sabtu, 09/10).

Sebagai tuan rumah penyelenggara, FKIP Unila turut andil menjadi salah satu narasumber dalam konferensi ini. Setelah mendapatkan gelar Guru Besar, Undang Rosidin yang juga sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Unila, berkesempatan untuk menjadi narasumber ke empat dalam konferensi ini. Dalam presentasinya, Prof. Dr. Undang Rodisidin, M.Pd., mengangkat judul “Authentic Assesment to Mapping The Competence Hard Skills and Soft Skills”. Adapun ia menjelaskan tentang penilaian saintifik guna memetakan kompetensi hard skilss dan soft skills.

Bersama dengan 3 narasumber lainnya, konferensi ini digelar dengan 2 sesi, tiap sesi terdiri dari 2 narasumber. Narasumber pertama Prof. V.P Matheswaran dari University Madrass of India, membahas materi yang berjudul “Envisioning Society 5.0 through Andragogical Approaches”. Kedua Prof. Chun Yeng Chang dari National Taiwan Normal University, membahas tentang “From Competency-based to Literacy-oriented Curicullum Reform”. Ketiga, Prof. Poh Soon Koh Nanyang Technological University, Singapore membahas tentang “Harmonizing Competencies in Education Transformation towards Society 5.0”

Dalam sambutan pembukaan konferensi ini, Prof. Suharso mengatakan “Saya sangat berterimakasih kepada seluruh peserta dari seluruh Indonesia maupun luar negeri yang telah berpartisipasi. Dengan adanya konferensi ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam merepresentasikan solusi alternatif khusus dalam mempercepat transformasi Pendidikan”.

Selain jajaran pimpinan Unila, Ir. Fahrizal Darminto, MA selaku Sekertaris Daerah Provinsi Lampung juga turut hadir pada acara ini secara daring mewakili Gubernur Lampung, Arinal Junaidi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa konferensi ini selaras dengan salah satu tujuan utama Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, yaitu untuk terus melakukan peningkatan kualitas di bidang pendidikan”. (Umi/Bay Eduspot)

Sekda Provinsi Lampung

By eduspot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *