Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung mengadakan kegiatan Workshop NVIVO untuk riset kualitatif dan mixed method bagi para dosen di lingkungan Juruasan Ilmu Pendidikan. Kegiatan workshop ini bagian dari pengembangan dosen yg telah direncanakan dlm RIP jurusan IP, yang berlangsung di Gedung B1 Selasa (3/3), dan hadir dalam Kegiatan tersebut Dekan dan Wakil Dekan III FKIP Unila.

Dalam sambutannya Dekan menyampaikan tentang perihal moto dari FKIP yang “Unggul adaptif”, dengan makna yang dalam arti dari unggul dan adaptif. Pada kesempatan ini juga disampaikan terkait dengan Rektor baru Universitas Lampung dengan kebijakan yang terbaruan juga, yang sejalan dengan program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan perihal program kampus merdeka. Dekan juga sangat mengapresiasi kegiatan ini seiring dengan perkembangan teknologi menjadi basis beradapan pendidikan dunia. Kegiatan Workshop seperti ini diharapan dilakukan juga oleh Jurusan lain. Juga nanti pemateri untuk siap memberikan pengetahuan dan pembelajaran tentang penggunaan aplikasi NVIVO sewaktu-waktu diminta mengisi workshop kembali.

Budi Kadaryanto, S.Pd.,MA., selaku pemateri dan juga dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang sekarang masih menempuh pendidikan S3. Ia menerangkan bahwa aplikasi NVIVO di jaman era digitalisasi ini sangat membantu sekali baik dosen maupun nanti bagi mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan penelitian kualitatif dan mixed method.

Dr. Riswandi, M.Pd. selaku Ketua Jurusan Ilmu pendidikan mengucapkan terima kasih kepada bapak budi Kadaryanto, S.Pd., MA sudah bersedia menjadi pemateri dalam pelatihan NVIVO bagi dosen di Jurusan Ilmu Pendidikan. Serta tidak lupa berterima kasih Kepada Jajaran Pimpinan, Dekan dan Wakil Dekan FKIP Unila yang memberikan dukungan moril sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Harapan dengan penggunaan NVIVO ini menjadi alat utama yang baru untuk menganalis penelitian kualitatif dan Mixed Method. NVIVO sangat membantu bagi dosen dan juga mahasiswa yang melakukan penelitian kulaitatif. Karena dengan aplikasi ini dapat memudahkan untuk membuat analisis yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tentunya setelah dilakukan workshop ini dosen sedikit lebih paham dalam penggunaan NVIVO khusus untuk penelitian kualitatif.(DD/eduspot)

By eduspot

Leave a Reply

Your email address will not be published.