S2 Teknologi Pendidikan

SELAYANG PANDANG MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Download Slide

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian

1.1      Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

1.1.1        Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi, serta Pihak-Pihak yang Dilibatkan.

Visi, Misi, Tujuan dan sasaran Program Studi Teknologi Pendidikan, dilakukan melalui lokakarya Program Studi yang dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi Teknologi Pendidikan, Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan, dan tim  QA (Quality Assurance) Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan.

Visi Program Studi

Pada tahun 2020 program studi Pascasarjana Magister Teknologi Pendidikan terakreditasi tinggi menjadi lembaga pendidikan dan pusat pengembangan teknologi pendidikan.

Misi Program Studi

  1. Melakukan program pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan sistem belajar dan pembelajaran.
  2. Menyediakan jasa dalam mengkaji  dan memecahkan masalah belajar dalam berbagai situasi dan kondisi.
  3. Memelopori usaha inovatif dalam sistem belajar dan pembelajaran.
  4. Mengembangkan kemampuan profesional dan bidang studi teknologi pendidikan.
  5. Mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan disiplin ilmu teknologi pendidikan.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan tenaga akademik yang mampu mengembangkan dan mengelola pendekatan baru dalam belajar dan pembelajaran.
  2. Menerapkan pendekatan sistem dalam rangka mengembangkan pembelajaran, baik pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan dan pelatihan.
  3. Merancang, memproduksi, dan menilai bahan-bahan pembelajaran.
  4. Mengoperasikan, melatih mengoperasikan peralatan audio visual  serta dalam menggunakan, memproduksi, dan mengelola sumber-sumber belajar.
  5. Memberikan solusi dalam penyelesaian berbagai masalah belajar secara ilmiah melalui pendekatan teknologi pendidikan.
  6. Menjalin hubungan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar guna terwujudnya masyarakat belajar.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1. A.     Adapun sasaran pengembangan program studi sampai tahun 2020 sebagai berikut.
  1. Dihasilkannya SDM yang berkualitas, beriman, bertaqwa, berdaya saing, mandiri, dan berbudaya yang

a)      cepat diserap pasar kerja,

b)      dapat menciptakan lapangan kerja baik untuk diri sendiri dan orang lain.

  1. Dihasilkannya penelitian-penelitian teknologi pendidikan yang dapat

a)      dipublikasikan pada jurnal-jurnal yang terakreditasi, baik di dalam maupun  di luar negeri.

b)      diperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

  1. Terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya.
  1. Terwujudnya suasana dan budaya akademik yang kondusif, dinamis, dan demokratis khususnya di lingkungan Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lampung.
  1. Terpenuhinya sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pembelajaran di Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lampung.
  1. Terwujudnya manajemen profesional dan sistem informasi/komunikasi yang efektif pada Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lampung.
  1. Terbentuknya kerjasama yang sinergis dengan pihak lain secara efektif sehingga dapat meningkatkan kinerja Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lampung.
  1. B.     Strategi Pencapaian
  1. Memberikan  kesempatan dan fasilitas  kepada tenaga akademik maupun nonakademik untuk mengembangkan potensi sehingga dapat mengikuti kegiatan yang bersifat kompetitif  dan hibah yang berkaitan dengan hasil karya akademik.
  2. Menjalin kerjasama dengan stakeholders secara proaktif dan mengundang mitra untuk  memberikan masukan secara berkala dan berkelanjutan.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan program akademik sejalan dengan otonomi pendidikan yang dimiliki Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lampung.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas karya dosen dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan dan mengembangkan manajemen mutu terpadu Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan bekerja sama dengan asosiasi profesi dan pakar keilmuan.
  6. Meningkatkan kualitas kepemimpinan dan sarana akademik sesuai dengan perkembangan Iptek pada Program Studi Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lampung.

1.2      Sosialisasi

Pada prinsipnya tingkat pemahaman seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan di Program Studi Teknologi Pendidikan Unila terhadap visi, misi, dan tujuan tergolong tinggi. Program Studi Teknologi Pendidikan selalu berupaya untuk menyosialisasikan dan menyebarluaskan visi, misi, dan tujuan kepada seluruh civitas akademika baik kepada mahasiswa, tenaga pendidik, maupun tenaga kependidikan secara berkelanjutan. Beberapa upaya yang dilakukan untuk menyosialisasikan atau menyebarluaskan visi, misi, dan tujuan antara lain sebagai berikut.

(1)         Lokakarya tentang visi, misi, dan tujuan Program Studi Teknologi Pendidikan yang melibatkan pimpinan fakultas, ketua program studi, perwakilan dosen, serta karyawan.

(2)         Penyebaran bahan cetakan berupa buku panduan mahasiswa, dan pamflet. Buku panduan dibagikan kepada seluruh dosen yang aktif mengajar serta seluruh mahasiswa baru.

(3)         Ditulis di papan tulis dan dipasang di tempat-tempat yang strategis di lingkungan FKIP Unila.

(4)         Memasang baleho di sekitar gedung program studi dengan tujuan agar mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat umum mengetahui visi dan misi Program Studi Teknologi Pendidikan Unila.

(5)         Pengarahan pimpinan Program Studi Magister Teknologi Pendidikan kepada mahasiswa baru pada saat pelaksanaan matrikulasi

 

3 thoughts on “S2 Teknologi Pendidikan

  1. Assalamualaikum,………………..
    saya joko singgih, lulusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.
    Kepada YTH, Ketua Jurusan Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan UNILA.

    mohon info pak!
    pak, bagaimana peluang Teknologi Pendidikan di Provinsi Lampung ini pak?
    kemudian lembaga apa yang sesuai dan bisa menerima kita sebagai tenaga kerja pak?

  2. Assalamu’alaikum.
    Yang terhormat ketua Jurusan Pasca Sarjana MTP, mohon maaf sebelumnya saya saya minta info untuk pendaftaran Pasca Sarjana MTP mulai dari estimasi pembiayaan dari pendaftaran, SPP/semester dll (yang Sudah Pasti) sampai jumlah SKS perkuliahan di MTP.
    sekian…
    Wassalamualaikum..

  3. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Terima kasih kepada Pascasarjana Teknologi Pendidikan UNILA. Saya alumni 2011. Alhamdulillah lulus dengan sangat memuaskan, dan lebih memuaskan adalah bagaimana ilmu yg diperoleh sangat berguna dan membantu saya mengembangkan diri. Salah produk yang saya kembangkan (SIMPEL PAS) tentunya dengan Bimbingan Dosen Ahli, Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji produk dpt diterima bahkan di seluruh Indonesia. Sebuah aplikasi untuk membantu analisis butir soal dan validasi intrumen dengan mudah dan cepat. Bagi yang ingin tahu lebih dalam tentang SIMPEL PAS dan produk lain dapat berkunjung ke http://simpelpas.ltim.in/ atau http://simpelpas.wordpress.com/ atau http://kuliahemka.wordpress.com/

    Terima Kasih PASCA TP UNILA Semoga semakin jaya

Leave a Reply