anjunganSegenap Pimpinan & Civitas Akademika Keluarga Besar FKIP Unila Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri Taqobalallahu Minnaa Wa Minkum Shiyamanaa Wa Shiyamakum Minal 'aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir & Bathin anjunganBagi Peserta PLPG Tahun 2014 yang akan melaksanakan IBADAH HAJI Tahun 2014 segera menghadap Panitia Sertifikasi Guru paling lambat tanggal 25 Juli 2014 (pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB) anjunganSelamat dan Sukses atas diraihnya Hasil Akreditasi Program Studi Pendidikan Geografi dengan Peringkat "A" No.SK:148/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/V/2014 anjunganWASPADALAH, WASPADALAH, WASPADALAH ...!!! KEPADA PESERTA PLPG WASPADA TERHADAP PENIPUAN DALAM BENTUK APAPUN, APABILA ADA MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN SERTIFIKASI GURU DAPAT LANGSUNG MENGHUBUNGI PANITIA SERTIFIKASI GURU RAYON 107 UNIVERSITAS LAMPUNG, TELP 0721 704624

S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

  1. Profil

Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (MPBSI) merupakan salah satu program studi berbasis S-2 pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (JPBS), FKIP Universitas Lampung. Program MPBSI diselenggarakan sejak tanggal 21 September 2011 berdasarkan SK Mendiknas No. 211/E/O/2011. Program MPBSI diselenggarakan dalam rangka mendidik dan menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan nilai-nilai pendidikan, pengajaran, dan penelitian di bidang bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan perkembangan bangsa Indonesia.

Visi, Misi, dan Tujuan

1)   Visi

Menjadi pusat studi yang unggul dalam pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia secara profesional berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan.

2)   Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kebahasaan (linguistik) dan kesusastraan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berwawasan dan berazaskan keilmuan modern, baik secara teoretik maupun praktik.
  2. Mengembangkan dan menyelenggarakan kajian keilmuan melalui model pembinaan secara berkelanjutan, serta menjalin kerja sama dengan komponen-komponen pendukung lainnya dalam sistem pendidikan Indonesia secara makro untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
  3. Melaksanakan program kemitraan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dengan pemerintah (pusat dan daerah) dengan cara menggali potensi daerah melalui penelitian dan pengembangan sehingga dapat membangun sumber daya manusia (SDM) yang mampu menerjemahkan kebutuhan pembangunan pendidikan masa depan.

3)   Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Mampu memahami secara mendalam berbagai konsep kebahasaan dan kesusastraan sebagai ilmu (science) serta mampu mengaplikasikannya, baik di tingkat satuan pendidikan maupun masyarakat.
  2. Memiliki kemampuan akademis (teoretik dan aplikatif) dan menguasai berbagai mazab kebahasaan (linguistik), serta mampu mengembangkannya di bidang pendidikan dan pengajaran.
  3. Memiliki kemampuan manajerial, terutama dalam bidang pengajaran dan penelitian (research) dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik bagi masyarakat.
  4. Bersikap kritis dan selektif terhadap pembaharuan pendidikan, pengajaran, penelitian, serta berupaya mengaktualisasikannya baik sebagai inisiator, pendidik, peneliti, praktisi, penikmat/pengguna, maupun pengamat di bidang kebahasaan (linguistik) dan kesusastraan.
  5. Mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajerial pendidikan, pengajaran, dan penelitian di bidang kebahasaan dengan kriteria:

(a)      mampu melihat dengan jelas tujuan dan kebutuhan lembaga, terutama dalam penyusunan program dan strategi pengajaran agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dengan layak;

(b)      mampu mengendalikan pelaksanaan program pengajaran dan penelitian, baik secara formal maupun nonformal serta efisien dan efektif;

(c)      memiliki kemampuan mengarahkan, mendorong, dan membina secara akademis, baik kepada mitra seprofesi maupun lintas bidang keilmuan dalam rangka meningkatkan pelaksanaan program pengajaran dan penelitian; dan

(d)      mampu melakukan evaluasi dan kontrol terhadap keefektifan pelaksanaan program maupun ketercapaian program yang direncanakan.

  1. Memiliki kompetensi dan keterampilan yang khas dalam melaksanakan proses belajar-mengajar dalam bidang kebahasaan (linguistik) dan kesusastraan, baik di latar perkuliahan maupun pelatihan.

1.    Deskripsi Mata Kuliah, Silabus, dan SAP

 

KIP500  Filsafat Ilmu, 2 sks (2-0)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal bagi mahasiswa, terutama konsep dasar berpikir ilmiah. Fokus kajian dalam mata kuliah ini, antara lain mencakup: aliran-aliran filsafat (klasik dan modern), paradigma berpikir ilmiah, dan pandangan para filsuf tentang pendidikan, serta perkembangan akal pikiran manusia hubungannya dengan peradaban manusia sebagai makhluk yang berakal (berpikir).

 

KIP501  Wawasan Pendidikan, 2 sks (2-0)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan arah bagi mahasiswa secara komprehensif, terutama masalah kebijakan, proses pendidikan dan pembelajaran (formal, nonformal) yang ada di masyarakat. Hal lain yang terkait, yakni mengkaji berbagai fenomena serta implementasi pendidikan dan pembelajaran, termasuk di dalamnya sikap masyarakat terhadap pendidikan. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memiliki wawasan dan apresiasi yang mendalam, khususnya tentang penyelenggaraan pendidikan, yang erat hubungannya dengan faktor animo dan kesadaran masyarakat, anggaran (pembiayaan), kualitas, dan arah perkembangan pendidikan di masa datang, baik secara mikro maupun makro.

 

KIP502  Metodologi Penelitian Pendidikan, 3 sks (2-1)

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah (kuantitatif dan kualitatif) dalam bidang pendidikan dan pengajaran sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas antara lain meliputi: jenis-jenis penelitian, perumusan latar belakang penelitian, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, instrumen penelitian, serta penyusunan usulan dan laporan penelitian. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

KIP503  Kajian Teori Pendidikan dan Pembelajaran, 2 sks (2-0)

Mata kuliah ini memfokuskan kajian dasar secara teoretis tentang pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak berkaitan dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan-persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai aspek yang melandasi pendidikan, antara lain landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis.

STA501  Statistika dalam Penelitian Pendidikan, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini membahas teknik-teknik analisis statistik yang digunakan dalam kegiatan penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain: meliputi penaksiran parameter populasi, pengujian dua nilai statistik atau lebih yang meliputi antara lain nilai rata-rata proporsi dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linear, dan beberapa teknik statistik nonparametrik. Mata kuliah ini juga mencakupi pelatihan menggunakan paket-paket program statistik yang tersedia dalam  software komputer.

 

KBH511  Psikolinguistik, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini mengkaji hubungan antara bahasa dan perilaku dan akal budi manusia; merupakan ilmu interdisipliner linguistik dan psikologi. Kajian psikolinguistik dapat memberikan sumbangsih dalam pengajaran bahasa, terutama berkenaan dengan pemahaman akan keadaan dan hubungan pembelajar dengan bahasa yang dipelajari. Topik yang dibahas meliputi pengertian dan aliran-aliran psikolinguistik, pandangan psikolinguistik tentang bahasa, psikolinguistik sebagai disiplin psikologi, performansi fonologi dan tatabahasa, pemerolehan bahasa pada anak-anak, dan metode-metode penelitian psikolinguistik.

KBH512  Struktur Bahasa Indonesia, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal kepada mahasiswa secara komprehensif, khususnya implementasinya secara tertulis berdasarkan kaidah struktur bahasa Indonesia. Kajian dalam mata kuliah ini mencakup (1) frasa, (2) klausa, (3) kalimat, (4) pendekatan tradisional, (5) pendekatan struktural, (6) pendekatan transformasional, dan (7) pendekatan fungsional.

KBH513  Sosiolinguistik, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa bahwa bahasa itu tidak dapat dilepaskan dari masyarakat pemakainya. Untuk memahami hal tersebut mahasiswa diperkenalkan dengan konsep-konsep bahasa dan masyarakat bahasa; latar belakang sosial ekonomi, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan lingkungan pergaulan yang direfleksikan dalam bahasa; analisis bahasa berdasarkan pendekatan sosiolinguistik. Topik yang dibahas meliputi (1) hakikat bahasa menurut aliran struktural, transformasional, dan sosiolinguistik, (2) ruang lingkup kajian sosiolinguistik, (3) variabel-variabel sosiolinguistik, (4) acuan deskripsi variasi bahasa, (5) kedwibahasaan (bilingualisme), dan (6) sumbangan sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa Indonesia dan penggunaan bahasa di masyarakat.

KBH514  Semantik, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini mengkaji masalah makna dalam sistem tanda dan kaidah bahasa,  tipe dan jenis makna, perubahan makna (proses adaptasi, asimilasi, disimilasi, perluasan dan penyempitan makna, serta penyederhaaan atau penyesuaian makna).

KBH515  Telaah Sastra I, 2 sks (1-1)

Mata kuliah ini disajikan agar menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian puisi, yang ditunjukkan dengan penulisan esai dan kritik atas puisi sebagai fenomena sastra.

KBH521  Telaah Sastra II, 3 sks (1-2)

Mata kuliah ini disajikan untuk membantu mahasiswa memperdalam wawasan kesusastraan, mengembangkan kemampuan dalam memahami dan menghayati karya sastra, menguasai berbagai teori dan pendekatan kesastraan yang relevan dengan pengkajian prosa fiksi dan drama, yang ditunjukkan dengan penulisan esai dan kritik atas prosa fiksi dan drama sebagai fenomena sastra.

KBH522  Analisis Wacana Bahasa Indonesia, 2 sks (1-1)

Fokus kajian dalam matakuliah ini, yakni mempelajari bahasa dan sastra Indonesia dalam penggunaannya. Setelah mengikuti perkuliahan analisis wacana bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang konsep dasar analisis wacana, jenis-jenis wacana, relasi makna, kohesi dan koherensi dalam wacana, konteks dan peranannya dalam analisis wacana, dan hubungan antara analisis wacana dan pragmatik. Dengan pengetahuan dan pemahaman tersebut mahasiswa diharapkan dapat melakukan kegiatan analisis wacana dengan baik, termasuk di dalamnya analisis terhadap wacana percakapan.

 

KBH523  Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)

Fokus kajian dalam mata kuliah ini, yakni membekali pengetahuan kepada mahasiswa tentang evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta keterampilan menyusun dan menggunakan berbagai bentuk tes bahasa. Topik yang dibahas meliputi prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, pendekatan dan dasar pengembangan penggunaan tes bahasa dan sastra Indonesia dalam berbagai bentuknya, telaah terhadap ciri-ciri tes bahasa yang baik, serta interpretasi dan penetapan hasilnya.

KBH524  PBM Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)

Matakuliah ini memuat berbagai hal, seperti menjelaskan berbagai strategi dan teknik dalam pembelajaran bahasa untuk bermacam-macam keperluan. Topik yang dibahas antara lain meliputi (a) pengetahuan tentang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang mencakupi filsafat, tujuan, materi, metode, proses, dan evaluasi pembelajaran, (b) kecakapan dalam mengajar bahasa dan sastra Indonesia: mempersiapkan materi pembelajaran, menggunakan metode, melaksanakan proses belajar-mengajar, dan kemampuan mengevaluasi, (c) sikap positif sebagai pengajar bahasa dan sastra Indonesia, baik dalam kaitan dengan anak didik maupun dunia pendidikan pada umumnya.

KBH531  Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 sks (1-2)

Mata kuliah bertujuan menganalisis perkembangan bahasa dan sastra Indonesia serta problematika yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan dan alternatif pemecahannya. Matakuliah ini bertujuan membekali mahasiswa agar mampu mengembangkan pemahaman dan wawasan pendidikan yang luas, baik situasi yang wajar maupun situasi yang problematik. Topik yang dibahas mencakupi segi-segi problematik teoretis dan praktis di sekolah, kebijakan pengembangan dan kecenderungan arah pendidikan di masa depan, serta kaitan antara kebijakan pengembangan pendidikan dan masalah-masalah riil yang terjadi di masyarakat.

 

KBH532  Seminar Bahasa (Sastra) Indonesia, dan Pembelajarannya, 3 sks (0-3)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk menyusun dan menyajikan buah pikiran berupa hasil telaah fenomena dan hasil penelitian bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya dalam suatu forum ilmiah. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan menyajikan suatu ide dan gagasan secara jelas, sistematik, runtut, dan logis sesuai dengan isu-isu mutakhir yang berkembang dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.

KBH555  Tesis, 6 sks (0-6)

Tesis adalah karya nyata mahasiswa calon Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mengakhiri perkuliahan program S-2 (pascasarjana). Tesis merupakan puncak proses dan hasil belajar, yang merupakan alat edukasi dalam mengembangkan kemampuan bernalar secara ilmiah dalam rangka memecahkan permasalahan komprehensif mengenai bahasa dan sastra Indonesia serta pengajarannya. Karya nyata ini dipertahankan di depan sidang penguji yang ditetapkan oleh fakultas.

  1. A.       Struktur Pelaksana Program

Penyelenggaraan dan pelaksana kegiatan Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lampung

  1. Prof. Dr. Sudjarwo, M.S. (Direktur PPs Unila)
  2. Dr. Bujang Rahman, M.Si. (Dekan FKIP Unila)
  3. Drs. Imam Rejana, M.Si. (Kajur Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Unila)
  4. Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd. (Sekjur Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Unila)
  5. Dr. Nurlaksana Eko Rusminto, M.Pd. (Kaprodi MPBSI, FKIP Unila)
  6. Dr. Edi Suyanto, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris MPBSI, FKIP Unila)
  7. Prof. Ag. Bambang Setyadi, M.A., Ph.D. (Tenaga Pengajar)
  8. Prof. Dr. Cucu Sutarsyah, M.A. (Tenaga Pengajar)
  9. Dr. Muhammad Fuad, M.Hum. (Tenaga Pengajar)
  10. Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd. (Tenaga Pengajar)
  11. Dr. Siti Samhati, M.Pd. (Tenaga Pengajar)
  12. Dr. Wini Tarmini, M.Hum. (Tenaga Pengajar)
  13. Dr. Karomani, M.Si. (Tenaga Pengajar)
  14. Dr. Munaris, S.Pd., M.Pd. (Tenaga Pengajar)
  15. Dr. Caswita, M.Sc. (Tenaga Pengajar)
  16. Dr. Supomo Kandar, M.S. (Tenaga Pengajar)
  17. Dr. Riswandi, M.Pd. (Tenaga Pengajar)
  18. Amrulloh, S.Kom. (Kalab Komputer)
  19. Dra. Ratna Dewi (Pustakawan)
  20. Paliman (Staf Administrasi)
  21. Joko Purnomo (Penanggung Jawab Gedung)
  22. Samlawi (Penanggung Jawab Ruang)


Incoming search terms:

  • fkip bahasa indonesia unila
  • MPBSI UNILA
  • beasiswa s2 bahasa indonesia
  • Beasiswa s2 jurusan bahasa indonesia
  • tesis bahasa indonesia tiga variabel
  • pendaftaran s2 pendidikan bahasa indonesia fkip unila 2014
  • penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra indonesia
  • jadwal perkuliahan s2 pendidikan bahasa indonesia unindra
  • S2 pendidikan bahasa indonesia
  • judul tesis pendidikqn bahasa n sastra

17 Responses to S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

  1. sediono saputro says:

    mohon info tentang beasiswa untuk S-2 dari berbagai macam sumber yang ada di Indonesia

  2. ahmad zuhri says:

    informasikan jadwal perkuliahan. MPBSI sukses!

  3. Edi Saputro says:

    Mari bersama memudahkan perkuliahan dengan memanfaatkan IT, MPBSI, pasti sukses.

  4. ade rimba saputra says:

    kpn ya bisa lanjut ikut bergabung

  5. awal supriyadi says:

    mohon di unggah cara pendaftaran dan biaya-biaya yang diperlukan selama perkuliahan . trims

  6. Suyud says:

    mohon informasi leteratur untuk mata kuliah telaah wacana dan promatika bahasa

  7. deni says:

    tolong.. informasikan beasiswa S2. buat guru honorer….
    terima kasih….. atas info-nya.

  8. muslim says:

    Informasi pendaftaran mahasiswa baru program Pasca Sarjana FKIP Unila untuk tahun akademik 2013 mulai kapan pak ya dan bagaimana prosedur pendaftarannya? terima kasih

  9. ari suhanda purba says:

    atolong berikan informasi mengenai beasiswa s2 untuk tahun 2013.

    trima kasih.

  10. sediono Saputro says:

    Ayo teman-teman Mahasiswa S-2 Bahasa Indonesia angkatan 2011 semangat megerjakan tesis, kompak dan kerjasama

  11. maryana says:

    Informasi pendaftaran mahasiswa baru program Pasca Sarjana FKIP Unila untuk tahun akademik 2013 mulai kapan pak ya dan bagaimana prosedur pendaftarannya? Apakah beasiswa untuk prodi bahasa indonesia ada?
    terima kasih

  12. Asep Perdiansyah, S.Pd. says:

    Aku Cinta Bahasa Indonesia…

  13. SHERRY HQ says:

    Informasi pendaftaran mahasiswa baru program Pasca Sarjana FKIP lampung untuk tahun akademik 2013 mulai kapan pak ya dan bagaimana prosedur pendaftarannya? Apakah beasiswa untuk prodi bahasa indonesia ada?
    terima kasih. syaratnya apa saja

  14. hamdani says:

    Mhn informasi jadwal kuliah tahun 201r

  15. Zakiyah says:

    Yuk…. Ikutan kuliah di MPBSI Unila untuk meningkatkan kualitas kita sebagai guru Bahasa Indonesia. Ok…, Insya Allah

  16. Asep Perdiansyah, S.Pd. says:

    Mohon info mengenai pendaftaran S2 Pendidikan Bahasa Indonesia.

  17. Jully Andry Yanto says:

    Semangat tesis untuk MPBSI’12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Marquee Powered By Know How Media.