anjunganSegenap Pimpinan dan Civitas Akademika Keluarga Besar FKIP Unila Mengucapkan : Selamat dan Sukses atas di Raihnya Juara II Kinerja Terbaik , Juara I Webometrics Website Terbaik Universitas Lampung anjunganSegenap Civitas Akademika Keluarga Besar FKIP Unila Mengucapkan : Selamat Dies Natalis Universitas Lampung ke-49 Semoga Universitas Lampung Semakin Jaya, Unggul dan Berdaya Saing anjunganSEMUA KEGIATAN SERTIFIKASI GURU TIDAK DIPUNGUT BIAYA DAN DILARANG MEMBERI CINDERA MATA/HADIAH KEPADA PANITIA SERTIFIKASI GURU, JANGAN PERCAYA KEPADA OKNUM-OKNUM YANG BISA MELULUSKAN YANG BERKAITAN DENGAN SERTIFIKASI GURU DAN BERHATI-HATILAH TERHADAP SEGALA BENTUK PENIPUAN !!! anjunganSelamat dan Sukses atas diraihnya Hasil Akreditasi Program Studi Pendidikan Geografi dengan Peringkat "A" No.SK:148/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/V/2014 anjunganWASPADALAH, WASPADALAH, WASPADALAH ...!!! KEPADA PESERTA PLPG WASPADA TERHADAP PENIPUAN DALAM BENTUK APAPUN, APABILA ADA MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN SERTIFIKASI GURU DAPAT LANGSUNG MENGHUBUNGI PANITIA SERTIFIKASI GURU RAYON 107 UNIVERSITAS LAMPUNG, TELP 0721 704624

S2 Manajemen Pendidikan

PROGRAM STUDI

MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN

FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

 

SEJARAH SINGKAT

Dilandasi rasa tanggungjawab serta untuk memenuhi tuntutan legal perundangan dalam rangka menyiapkan tenaga kependidikan yang bermutu, maka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung berinisiatif membuka Program Pascasarjana baru yaitu Program Magister Manajemen Pendidikan. Hal ini didasarkan pada ketersediaan sarana dan prasarana serta sumberdaya manusia yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 234 Tahun 2000 tentang Pendirian Perguruan Tinggi, serta mengacu pada Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 108/DIKTI/Kep/2001 tentang pedoman pembukaan program studi dan/atau jurusan program magister. Selain itu latar belakang pembukaan program magister manajemen pendidikan juga didasari oleh perkembangan dunia pendidikan dewasa ini yang menuntut adanya peningkatan kemampuan pendidik dan tenaga pendidikan yang profesional dan memiliki kompetensi tinggi, maka perlu adanya satu wadah program studi yang mengembangkannya yakni Program Magister Manajemen Pendidikan.

Pembukaan Program Magister Manajemen Pendidikan diawali dengan dilakukannya need assessment dan studi kelayakan pada tahun 2007. Berdasarkan hasil dari studi kelayakan tersebut kemudian disusun suatu proposal pembukaan Program Magister Manajemen Pendidikan FKIP Unila. Selanjutnya pada tahun 2008 proposal diusulkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta. Akhirnya berkat rakmat Tuhan Yang Maha Esa pada tahun 2009 keluar surat izin operasional untuk menyelenggarakan Program Magister Manajemen Pendidikan, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 1072/D/T/2009 tanggal 29 Juni 2009.

Program Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung mulai menerima mahasiswa baru pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2009-2010. Jumlah calon mahasiswa angkatan pertama yang mendaftar lebih dari 50 orang, setelah melalui test/seleksi 42 orang dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru dan perkuliahan perdana dimulai pada tanggal 1 September 2009.

VISI, MISI dan TUJUAN

Visi

“Program Magister Manajemen Pendidikan yang bermutu tinggi, menghasilkan lulusan yang profesional, berdedikasi dan bermartabat”.

Misi Program Magister Manajemen Pendidikan:

1)       Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang andal dan profesional di bidang manajemen pendidikan dengan landasan teori dan praktik, serta saintifik.

2)       Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu tentang manajemen pendidikan untuk menunjang pembangunan bidang pendidikan.

3)       Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

4)       Meningkatkan kerjasama kemitraan yang sinergis dengan berbagai fihak untuk meningkatkan mutu dan mencapai tujuan pendidikan.

Tujuan Program Magister Manajemen Pendidikan:

1)      Menghasilkan tenaga profesional di bidang manajemen pendidikan, yang dapat mengaplikasikan keahliannya dalam bidang pendidikan formal maupun pendidikan nonformal.

2)      Menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji, melaksanakan, dan mengabdikan ilmunya demi perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan di berbagai instansi dan satuan pendidikan di semua jenis dan jenjang pendidikan.

3)      Menghasilkan berbagai penelitian bidang manajemen pendidikan yang bermutu dan bermanfaat bagi dunia pendidikan maupun bagi masyarakat pada umumnya.

4)      Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bidang manajemen pendidikan demi peningkatan mutu di berbagai instansi dan satuan pendidikan di semua jenis dan jenjang pendidikan.

5)      Memberikan layanan penyelenggaraan pendidikan dan atau pelatihan dalam bidang manajemen pendidikan.

 

KURIKULUM PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN

       MATA KULIAH MATRIKULASI

SKS

KOMPONEN

MPD 501   Dasar Dasar Manajemen Pendidikan

0/2

Landasan Bidang Studi
MPD 502   Dasar Dasar Kependidikan

0/2

Landasan Kependidikan
MPD 503   Pemahaman Teks Bahasa Inggris

0/2

Penunjang
                                                                        Total

0/6

 
       MATA KULIAH SEMESTER I
MPD 511   Filsafat Ilmu

3

Landasan Keilmuan
MPD 512   Metodologi Penelitian Pendidikan

3

Landasan Keilmuan
MPD 513   Perencanaan dan Analisis Kebijakan

Pendidikan

2

Bidang Studi
MPD 514   Manajemen Pembiayaan Pendidikan

3

Bidang Studi
MPD 515   Majemen Mutu Pendidikan

3

Bidang Studi
                                                                        Total

14

 
       MATA KULIAH SEMESTER II
MPD 521   Statistik Terapan dalam Penelitian

Pendidikan

3

Landasan Keilmuan
MPD 522   Kepemimpinan, Perubahan Sosial dan

Organisasi Pendidikan

3

Bidang Studi
MPD 523   Asesmen dan Evaluasi Pendidikan

3

Landasan Kependidikan
MPD 524   Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

3

Bidang Studi
                                                                        Total

12

 
       MATA KULIAH SEMESTER III
MPD 611   Manajemen Desain dan Pengembangan

Kurikulum

3

Landasan Kependidikan
MPD 612   Pengembangan Profesi dan Pelatihan

Tenaga Kependidikan

3

Bidang Studi
MPD 698   Seminar Proposal dan Hasil Penelitian

2

Bidang Studi
                                                                        Total

8

 
       MATA KULIAH SEMESTER IV
MPD 699   Tesis

6

Bidang Studi
                                                                        Total

6

 
       MATA KULIAH PILIHAN DIJADWALKAN PADA SEMESTER III
MPD 614   Supervisi Pendidikan

2

Bidang Studi
MPD 615   Manajemen Stratejik Pendidikan

2

Bidang Studi
MPD 616   Manajemen Akriditasi dan Sistem

Persekolahan

2

Bidang Studi
MPD 617   Manajemen Perguruan Tinggi

2

Bidang Studi
                Total (Pilih dua mata kuliah atau 4 sks)

8

 
Total Bobot Kredit Studi Mahasiswa: 40 Sks Mata Kuliah Wajib + 4 Sks Pilihan = 44 Sks

 

Deskrepsi Mata Kuliah Program Magister Manajemen Pendidikan

MPD 511  Filsafat Ilmu

Mata kuliah ini disajikan dengan tujuan memberi bekal bagi mahasiswa, terutama konsep dasar berpikir ilmiah, dan membangkitkan gairah dan semangat mahasiswa agar mampu memperkuat posisi diri mengenai hakekat keilmuan dan hubungannya dengan konsep-konsep dasar manajemen pendidikan. Fokus kajian dalam mata kuliah ini, antara lain mencakup: aliran-aliran filsafat (klasik dan modern), paradigma berpikir ilmiah, dan pandangan para filsuf tentang pendidikan, serta perkembangan akal pikiran manusia hubungannya dengan peradaban manusia sebagai makhluk yang berakal (berpikir).

 

MPD 512  Metodologi Penelitian Pendidikan

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah (kuantitatif dan kualitatif) dalam bidang pendidikan dan pengajaran sebagai pengantar dasar dalam penulisan tugas akhir mahasiswa. Topik yang dibahas untuk penelitian kuantitatif meliputi: jenis-jenis penelitian, perumusan latar belakang penelitian, pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel penelitian, instrumen penelitian, serta penyusunan usulan dan laporan penelitian. Sedangkan untuk penelitian kualitatif meliputi: landasan teoretik dan filosofis, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian.

MPD 513 Perencanaan dan Analisis Kebijakan Pendidikan

Dengan mengikuti serangkaian perkuliahan dan melaksanakan kegiatan mandiri secara individual dan atau kelompok yang terprogram termasuk kunjungan ke lapangan, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep, teori, prinsip dan pendekatan-pendekatan dalam perencanaan pendidikan. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat menguasai kemahiran teknis dalam perencanaan baik dalam konteks individual maupun kelompok sejawat. Memahami pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kait­annya dengan sistem sosial, politik, dan budaya, serta setiap usaha memajukan pendidikan berkaitan erat dengan kurikulum, siswa, tenaga kependidikan, organisasi, sarana dan prasarana, dan pembiayaan. Maka dari itu perlu dipahami konsep-konsep yang dadap dijadikan alat analisis, evaluasi, dan selanjutnya sebagai alat bantu pengendalian berbagai segi dan tahapan dari kebijakan pendidikan. Tujuan utama matakuliah ini adalah penguasaan beberapa pendekatan dan konsep, serta mencapai kemampuan praktis untuk membuat analisis empiris terhadap aspek-aspek kebijakan pendidikan nasional.

MPD 514  Manajemen Pembiayaan Pendidikan

Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep-konsep dasar pembiayaan, teknik perhitungan biaya, kembalian (return), dan penerapannya dalam pendidikan. Membahas tentang karakteristik organisasi nirlaba terutama organisasi pendidikan, pelbagai pendekatan dalam pembiayaan pendidikan, sumber dan penggunaan anggaran, prosedur perencanaan, pengelolaan dan pengawasan anggaran, dasar legal, dan isu-isu di sekitar pembiayaan pendidikan, serta aplikasinya dalam berbagai jenjang pendidikan.

MPD 515 Manajemen Mutu Pendidikan

Membahas konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik perencanaan di dalam sistem pendidikan nasional, strategi mengidentifikasi dan menetapkan prioritas kebutuhan bidang pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial. Pengembangan desain dan pendekatan perencanaan, proses penetapan dan pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan.

MPD 521 Statistik Terapan dalam Penelitian Pendidikan

Membahas teknik-teknik analisis statistik yang banyak diaplikasikan pada laporan-laporan penelitian pendidikan. Topik yang dibahas antara lain penaksiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai statistik antara lain nilai rata-rata, proporsi dan korelasi, analisis varian dan ovarian sederhana, regresi linier, dan beberapa teknik statistik nonparametrik. Mata kuliah ini juga mencakup latihan-latihan mengerjakan soal-soal di Laboratorium Komputer dengan menggunakan paket-paket program yang tersedia.

MPD 522  Kepemimpinan, Perubahan Sosial dan Organisasi Pendidikan

Melalui tinjauan historis dan komparatif, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori-teori kepemimpinan dalam organisasi pendidikan. Kajiannya meliputi keefektifan pola perilaku organisasi dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan pendidikan. Tekanan diberikan kepada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas organisasi dan kepemimpinan, berbagai teori dan asumsi dalam memotivasi kerja dan meningkatkan keefektifan organisasi, fungsi dan peranan organisasi dan kepemimpinan, serta strategi dan taktik dalam memimpin organisasi dan personalia pendidikan.

MPD 523 Asesmen dan Evaluasi Pendidikan

Pembahasan secara komprehensip tentang asesmen dan evaluasi pendidikan, juga mengkaji berbagai pendekatan dalam penilaian terhadap program-program dan praktik pembelajaran yang diperlukan dalam rangka menentukan tingkat keberhasilan dan sebagai umpan balik untuk menyusun program pembelajaran. Penilaian dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar dan efektifitas suatu program sampai pada komponen-komponen pengukuran dan menyusun laporan yang dapat dimanfaatkan untuk perbaikan program.

MPD 524 Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Dengan mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep rancang bangun (desain) sistem informasi, prinsip dan teknik pengelolaan sistem informasi manajemen (SIM). Pokok bahasannya meliputi kedudukan, peran dan fungsi SIM dalam rangka meningkatkan mutu layanan dan kinerja manajemen dalam administrasi pendidikan. Faktor dan landasan yang perlu dipertimbangkan dalam membuat rancang bangun SIM, sarana dan prasarana yang diperlukan dalam SIM untuk administrasi pendidikan. Dengan mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep yang diperlukan dalam menyiapkan rancang bangun (disain) sistem informasi.

MPD 611 Manajemen Desain dan Pengembangan Kurikulum

Pembahasan secara komprehensip tentang hakikat, landasan, kerangka sistematik, operasionalisasi dan praksis pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam konteks dunia persekolahan dan pelatihan. Para mahasiswa secara konseptual difasilitasi untuk mengkaji secara konseptual dan empirik berbagai konsep, model dan kasus pengembangan kurikulum dan pembelajaran sehingga diperoleh wawasan yang utuh dan menyeluruh yang pada saatnya dapat dimanfaatkan dalam membimbing dan atau melakukan pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam konteks otonomi kurikulum di Indonesia.

MPD 612 Pengembangan Profesi dan  Pengelolaan Tenaga Kependidikan

Melalui perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan wawasan dan penguasaan tentang konsep, prinsip dan teknik manajemen sumberdaya manusia kependidikan, memahami kekuatan-kekuatan, faktor-faktor dan kondisi yang terus menerus mempengaruhi pelaksanaan fungsi SDM serta dampaknya terhadap mutu kinerja manajemen sistem pendidikan. Pokok bahasannya mencakup peran dan fungsi SDM, rekruitmen, seleksi, pengangkatan dan penempatan personalia, induksi dan penilaian personalia, kompensasi, kesejahteraan dan keamanan serta perlindungan hukum personalia, mutasi, promosi dan alih fungsi personalia, pemutusan hubungan kerja dan pensiun personalia, pendidikan danpelatihan personalia

 

MPD 614 Supervisi Pendidikan

Melakukan kajian mengenai berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pendidikan, mencakup prinsip-prinsip, sifat, fungsi dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tatacara perangcangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pengajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala-kendala yang ada untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

 

MPD 615  Manajemen Strategik Pendidikan

Secara umum manajemen stratejik terdiri dari keputusan dan tindakan manajerial dalam organisasi agar dapat mempertahankan kondisi yang menguntungkan. Membahas konsep, proses, dan teknik-teknik manajemen strategik yang mencakup formulasi dan implementasi strategi (seperti perumusan visi dan misi, analisis SWOT, matriks BCG, matriks Hofer, klaster strategi besar, analisis perubahan budaya, dan analisis rasio), serta penerapannya melalui studi kasus dalam manajemen pendidikan.

MPD 616 Manajemen dan Akreditasi Sistem Persekolahan

Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dan prosedur manajemen dan akreditasi sistem persekolahan, meliputi tugas dan tanggung jawab administrator pendidikan dalam mewujudkan keefektifan sekolah sebagai suatu unit dan sistem pendidikan. Kritik terhadap sistem persekolahan, fungsi dan konvensi pengelolaan sistem pendidikan, strategi pengelolaan komponen-komponen sistem pendidikan, kriteria dan standar serta proses akreditasi sistem pendidikan/persekolahan.

MPD 617  Manajemen Perguruan Tinggi

Membahas sejarah perguruan tinggi, hakikat dan misi perguruan tinggi, transformasi dalam sistem perguruan tinggi, organisasi perguruan tinggi, peran dosen, karakteristik mahasiswa, sistem governansi, kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akdemik, akreditasi, dan sistem perencanaan di perguruan tinggi.

MPD 698 Seminar Proposal dan Hasil Penelitian

Kegiatan penulisan tesis termasuk di dalamnya kewajiban mahasiswa untuk menyampaikan usulan (proposal) dan hasil penelitian dalam suatu forum seminar program studi yang dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen pembahas, dosen program studi, dan mahasiswa-mahasiswa jurusan/program studi.

MPD 699  Tesis

Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah yang terkait dengan masalah dalam bidang spesialisasi mahasiswa serta penulisan laporan­nya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan para pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut berbentuk hasil suatu penelitian atau suatu hasil kegiatan proyek yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang manajemen pendidikan, seperti; kurikulum, pembelajaran, sumberdaya manusia, kepemimpinan pendidikan, penjaminan mutu pendidikan, asesmen dan evaluasi pendidikan, supervisi pendidikan,  sistem informasi manajemen pendidikan, dan sebagainya.

Dosen Program Magister Manajemen Pendidikan FKIP Unila

No Nama Keahlian/Kekhususan
1 Prof. Dr. Bambang Sumitro, M.S. Metodologi Penelitian

Sosiologi

2 Prof. Dr. Sudjarwo, M.S. Metodologi Penelitian Pendidikan

Filsafat Ilmu/Pendidikan

3 Dr. Sumadi, M.Si. Metodologi Penelitian Kualitatif

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

4 Dr. Sowiyah, M.Pd. Perencanaan dan Analisis Pendidikan

Asesmen dan Evaluasi Pendidikan

5 Dr. Nandang Kosasih A., M.Sc. Manajemen Kurikulum

Manajemen Biaya Pendidikan

6 Dr. Riswanti Rini, M.Si. Supervisi Pendidikan

Manajemen Perguruan Tinggi

7 Dr. Alben Ambarita, M.Pd. Pengemb. Profesi dan Pengelolaan Pendk.

Statistik Terapan untuk Pendidikan

8 Dr. Supomo Kandar, M.S. Filsafat Ilmu/Pendidikan

Kepemimpinan Pendidikan

9 Dr. Bujang Rahman, M.Si. Manajemen Perguruan Tinggi

Manajemen Mutu Pendidikan

10 Dr. Irawan Suntoro, M.S. Supervisi Pendidikan

Manajemen Perguruan Tinggi

11 Dr. Sulton Djasmi, M.Pd. Manaj. Akriditasi & Sistem Persekolahan

Perencanaan dan Analisis Pendidikan

12 Dr. R. Gunawan Sudarmanto,M.M Manajemen Biaya Pendidikan

Statistik Terapan Pendidikan

13 Dr. Caswita, M.Sc. Statistik Terapan Pendidikan

 

14 Dr. Undang Rosidin, M.Pd. Evaluasi Pendidikan

 

15 Dr. Lilik Sabdaningtiyas, M.Pd. Evaluasi Pendidikan

 

Incoming search terms:

  • tesis manajemen pendidikan s2
  • proposal tesis manajemen pendidikan
  • proposal tesis manajemen pendidikan kualitatif
  • proposal tesis manajemen pendidikan kuantitatif
  • contoh proposal tesis kualitatif manajemen pendidikan
  • contoh proposal tesis magister pendidikan
  • contoh proposal tesis manajemen pendidikan
  • tesis magister manajemen pendidikan
  • contoh tesis s2 manajemen pendidikan
  • tesis manajemen pendidikan kualitatif

12 Responses to S2 Manajemen Pendidikan

  1. kodar says:

    aduh saya ketinggalan informasi tentang program ini. kapan ya ada gelombang 2… sekalian informasi tentang biaya dan pelaksanaan kuliahnya.. trims

  2. Ras_EKo says:

    kira-kira biaya nya berapa ya per smesternya, Insya Allah lulus S1 pengen ambil s2

  3. Widodo,S.Pd says:

    Pak mohon informasi pendaftaran s2 managemen pendidikan
    Terimakasih

  4. rizkiamy fitrina says:

    kpn pendaftaran s2 managemen pendidikan?
    apa aja syaratnya y?

  5. azis says:

    saya lagi berminat untuk melanjutkan pendidikan s2 untuk manajemen pendidikan. kapan ada pendaftaran lagi .berapa biaya

  6. Suwastana says:

    Kira-kira mahal gk ya kalau mau ikut program S2?

  7. sulistyo says:

    kuliah di mp uenak…

  8. dearry says:

    Bulan apa biasanya buka pendaftaran ya?…brp biaya masuk + persemester…tq

  9. la ramlia says:

    makasih semoga bermanfaat

  10. yenny says:

    Saya dh dtrima gel 1…Kapan perkuliahan dimulai

  11. anita kurniawati says:

    Berminat kuliah s2,minta rincian biaya nya dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Marquee Powered By Know How Media.