Motto Kampus

EDUKATIF – INOVATIF – RELIGIUS

Mahasiswa FKIP Unila sebagai calon pendidik yang profesional perlu dipersiapkan secara matang agar mencapai kedewasaan melalui upaya pendidikan. Lingkungan kampus merupakan salah satu faktor dominan bagi keberhasilan proses pendidikan. Dalam upaya menciptakan atmosfir akademik kampus FKIP yang memiliki jati diri, maka diperlukan kerangka acuan bersama yang menjadi penuntun sikap dan tingkah laku segenap warga kampus FKIP. Kerangka Acuan Bersama yang dimaksud dirumuskan ke dalam motto “Edukatif-Inovatif yang Religius”.

    Religius mengandung makna menempatkan nilai-nilai dan ajaran agama sebagai kerangka acuan dalam mengimplementasikan nilai edukatif dan inovatif, serta menghindarkan diri dari cara berfikir, bersikap, berperilaku, bertindak yang bertentangan dengan nilai-nilai dan ajaran agama.  Adapun nilai – nilai yang terkandung didalamnya antara lain meliputi : beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.

     Pesan yang terkandung di dalam motto tersebut meliputi:

     EDUKATIF :

  1. Berpikir, bersikap dan bertindak berlandaskan nilai-nilai, prinsip-prinsip dan praksis pendidikan. Responsif terhadap perkembangan dunia pendidikan baik filosifis, teoritis maupun praktis.
  2. Memiliki komitmen yanag tinggi terhadap mutu pendidikan.
  3. Selalu berupaya menciptakan dan memelihara suasana  kampus sebagai wadah pembinaan dan pengembangan profesionalisme  kependidikan.
  4. Menghindarkan diri dari sikap dan perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan.

    INOVATIF :

  1. Selalu bersikap optimis dalam melihat berbagai fenomena kependidikan.
  2. Mengembangkan gagasan-gagasan orisinil untuk menghasilkan karya-karya inovatif dalam bidang pendidikan.
  3. Berpikir visioner dalam memajukan dunia pendidikan.
  4. Menghargai, mengapresiasi karya-karya inovatif dalam pendidikan.
  5. Menghindarkan diri dari sikap dan perilaku yang dapat menghambat kemajuan pendidikan.