KERJASAMA FKIP UNILA DENGAN DEAKIN UNIVERSITY AUSTRALIA

FKIP UNILA GOES TO TAHILAND, MALAYSIA AND SINGAPORE

Edukatif - Inovatif yang Religius

 

800 Siswa SMP dan SMA Se-Sumbagsel Ikuti GEMPITA 2015

Salah Satu Sekolaj Peserta Lomba Berpose Bersama Panitia Gempita

Salah Satu Sekolaj Peserta Lomba Berpose Bersama Panitia Gempita

(Eduspotnews) Rangkaian acara Gebyar  Mahasiswa Pendidikan Eksakta (GEMPITA) 2015 telah berlangsung dari tanggal 25 hingga 28 Februari 2015. Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Eksakta (HIMASAKTA) ini sukses menyerap 800 siswa SMP dan SMA  se-Sumbagsel sebagai peserta lombanya.

Pada pembukaan kegiatan, hadir perwakilan Gubernur Provinsi Lampung, Elya Muchtar selaku  Assisten III Bidang Kesejahteraan Masyarakat. Elya mengungkapkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan langkah positif mahasiswa selaku agent of change. “Secara tidak langsung, mahasiswa telah menginspirasi para siswa sekolah untuk berprestasi dan berdaya saing”, jelas Elya.

Gempita 2015 merupakan gelaran tahun ke-7 dan kali ketiga untuk tingkat Sumbagsel.  Adapun tema yang diusung di tahun ini yaitu “Melalui Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta Lahirkan Saintis Berkualitas, Menuju Indonesia  Emas”. Terdapat 10 cabang perlombaan yang dibagi dalam kategori SMP dan SMA, diantaranya Lomba Komik Matematika, Keterampilan Laboratorium Kimia, Alat Peraga Fisika, Olimpiade Sains Kerohanian, Pembuatan Mading 2D, Lomba Cerpen Sains, Karya Tulis Ilmiah Biologi, Pemanfaatan Barang-barang Bekas, Olimpiade Sains SMP, dan Lomba Cepat Tepat SMP-SMA.

Menurut Ketua Pelaksana Gempita 2015, Saputa Wijaya (Pendidikan Matematika 2013), tujuan terselenggaranya kegiatan ini guna menggali potensi kreativitas siswa di bidang sains dan kerohanian. Selain itu juga, dengan hadirnya berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat Se-Sumbagsel ini dapat menyambung tali silaturahim antar sesama pelajar dan guru terutama alumni Universitas Lampung.

Wakil Dekan III FKIP Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Muhammad Fuad menyampaikan rasa bangga kepada mahasiswa yang telah berusaha menyelenggarakan kegiatan ini. “Gempita 2015 ini merupakan prestasi, karena gelarannya mencakup wilayah Se-Sumbagsel, dan di dalam penyelenggaraannya ada gabungan kerjasama mahasiswa Unila dan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang”, papar Fuad.

Fuad menambahkan bahwa dengan terselenggaranya agenda ini, FKIP mampu menjadi barometer pembangunan khususnya kemajuan dari segi pendidikan ilmu eksak serta  mampu menambah wawasan masyarakat. Gempita yang syarat dengan kegiatan fair play dan ber-output jelas ini dapat menjadi media implementasi teori-teori yang diperoleh di sekolah bagi siswa yang mengikuti lomba. Selain rangkaian lomba, panitia Gempita menggelar bazar di pelataran aula K selama lomba berlangsung yang bekerja sama dengan sponsor. (Rf)

Unduh daftar pemenang lomba : di sini

Informasi Pedoman Umum Beasiswa BBP-PPA Tahun 2015

Laporan Singkat DPR Tentang PPA BBM

Laporan Singkat DPR RI Mengenai Beasiswa BBP-PPA Tahun 2015

(Eduspotnews) Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler. Agar program bantuan biaya pendidikan dan beasiswa dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menerbitkan pedoman. Penerbitan pedoman ini diharapkan dapat memudahkan bagi para pengelola agar penyelenggaraan program dapat terlaksana sesuai dengan harapan kita semua. Selain itu pedoman ini diharapkan juga dapat memudahkan bagi para mahasiswa yang akan mengusulkan sebagai calon penerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan, memudahkan bagi mahasiswa penerima untuk menjalankan hak dan kewajibannya.

Sejak tahun 2012 istilah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) disesuaikan dengan istilah yang sejalan dengan ketentuan yang ada yaitu menjadi Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA). Perguruan tinggi dan Kopertis diharapkan dapat menyesuaikan dengan hal ini. Dengan terbitnya pedoman ini, proses seleksi, penyaluran/pemberian beasiswa dan atau bantuan biaya pendidikan diharapkan akan berjalan dengan lebih baik, dan mahasiswa dapat terbantu membiayai pendidikannya dan mengikuti studinya dengan lancar, terus meningkan prestasinya serta menyelesaikan studi dengan tepat waktu. Kepada para pimpinan perguruan tinggi dan Kopertis Wilayah kami harapkan dapat melakukan sosialisasi, seleksi dan pengelolaan/penyaluran beasiswa dan bantuan biaya pendidikan mengacu kepada pedoman ini.

Sejalan dengan perubahan organisasi, program ini akan terus dilaksanakan oleh kementerian yang baru yaitu Kementerian Risek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Akhirnya kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada perguruan tinggi dan Kopertis yang telah menyelenggarakan program ini dengan baik. Sumber http://dikti.go.id

Unduh PEDOMAN-BEASISWA-BBP-PPA-2015 Disini

‘Update’ Selalu Informasi SNMPTN Anda !

Jadwal SNMPTN

Jadwal SNMPTN

(Eduspotnews) Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN dengan asumsi bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian, sekolah berkewajiban mengisi PDSS dengan lengkap dan benar, serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses pendaftaran. Tujuan SNMPTN adalah: (1) memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri untuk memperoleh pendidikan tinggi; (2) memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

Link Unduh Manual SNMPTN 2015  : SNMPTN-Siswa

Sumber http://www.snmptn.ac.id/