KERJASAMA FKIP UNILA DENGAN DEAKIN UNIVERSITY AUSTRALIA

FKIP UNILA GOES TO TAHILAND, MALAYSIA AND SINGAPORE

Edukatif - Inovatif yang Religius

 

Asesmen Tim BAN- PT di Universitas Lampung

2(Eduspotnews) Pada triwulan pertama tahun 2015 ini, Universitas Lampung telah dijadwalkan untuk melaksanakan asesmen lapangan dan visitasi perguruan tinggi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang akan melaksanakan visitasi di Universitas Lampung antara lain Prof. Dr. Ir. Sekartedjo, M. Sc. (ITS),  Prof. Dr. Bambang Irawan, M. Sc. (Unair), Prof. Dr. Ir. Sudirman, M.P. (Unhas) dan  Prof. Dr.Nadra, M.S. (Unand). Adapun jadwal visitasi ini dilaksanakan dari 5 hingga 8 Maret 2015 yang mencakup penilaian secara menyeluruh mengenai universitas, baik dari fakultas, lembaga, unit pelayanan hingga mahasiswa dan alumni.

Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi adalah proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan untuk mengetahui komitmen institusi terhadap kapasitas institusi dan efektivitas pendidikan, yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan. Akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT, juga dilaksanakan  kepada semua perguruan tinggi di Indonesia.

Visitasi oleh tim asesor AIPT selain mencakup pemeriksaan dan koreksi borang akreditasi yang dipresentasikan oleh pimpinan Universitas Lampung beserta jajaran, juga melakukan wawancara kepada mahasiswa, alumni, dosen dan staf administrasi yang ada di lingkungan Universitas Lampung. Dalam klarifikasi borang akreditasi, pihak AIPT juga menyampaikan beberapa poin koreksi pada masing-masing standar untuk kemudian menjadi masukan pagi pihak Unila.

Pelaksanaan asesmen lapangan AIPT di Universitas Lampung dilaksanakan secara bergantian. Civitas akademika Unila memasuki ruang sidang rektorat lantai 2 untuk melaksanakan wawancara dan klarifikasi borang asesmen dan pertemuan dengan asesor PT ini dibagi menjadi 4 bagian, yakni :

  1. Para Pimpinan Universitas, Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Ka. UPT, Para Wakil Dekan dan DIR BPU.
  2. Ketua Jurusan Seluruh Fakultas, Dosen, dan ketua bagian
  3. Kepala Biro, Kabag TU Fakultas, Kasubbag PPS, Seluruh Kabag Rektorat, dan tenaga kependidikan non-struktural
  4. Perwakilan Mahasiswa S1, Pasca Sarjana, Alumni dan mitra kerja Universitas Lampung.

Sementara itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang merupakan salah satu fakultas terbesar di Unila dengan  25 program studinya pun ikut mempersiapkan civitas akademikanya untuk menerima pelaksanaan asesmen klarifikasi borang di tingkat fakultas. Visitasi keseluruhan akan diakhiri dengan perbaikan draft berita acara asesmen lapangan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyelesaian laporan akhir di ruang senat Universitas Lampung. (Rf)

1

Para Tenaga Kependidikan Perwakilan FKIP Unila di ruang tunggu rektorat

4

Suasana ruang tunggu rektorat lantai 2

DSC_0360

Para Kajur seluruh fakultas di ruang tunggu rektorat

3

Salah satu dosen dan staf FKIP sedang berdiskusi mengenai asesmen BAN-PT

6

Staf Kependidikan FKIP Unila

 * catatan : media hanya diperkenankan mengambil dokumentasi di ruang tunggu rektorat

800 Siswa SMP dan SMA Se-Sumbagsel Ikuti GEMPITA 2015

Salah Satu Sekolaj Peserta Lomba Berpose Bersama Panitia Gempita

Salah Satu Sekolaj Peserta Lomba Berpose Bersama Panitia Gempita

(Eduspotnews) Rangkaian acara Gebyar  Mahasiswa Pendidikan Eksakta (GEMPITA) 2015 telah berlangsung dari tanggal 25 hingga 28 Februari 2015. Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Eksakta (HIMASAKTA) ini sukses menyerap 800 siswa SMP dan SMA  se-Sumbagsel sebagai peserta lombanya.

Pada pembukaan kegiatan, hadir perwakilan Gubernur Provinsi Lampung, Elya Muchtar selaku  Assisten III Bidang Kesejahteraan Masyarakat. Elya mengungkapkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan langkah positif mahasiswa selaku agent of change. “Secara tidak langsung, mahasiswa telah menginspirasi para siswa sekolah untuk berprestasi dan berdaya saing”, jelas Elya.

Gempita 2015 merupakan gelaran tahun ke-7 dan kali ketiga untuk tingkat Sumbagsel.  Adapun tema yang diusung di tahun ini yaitu “Melalui Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta Lahirkan Saintis Berkualitas, Menuju Indonesia  Emas”. Terdapat 10 cabang perlombaan yang dibagi dalam kategori SMP dan SMA, diantaranya Lomba Komik Matematika, Keterampilan Laboratorium Kimia, Alat Peraga Fisika, Olimpiade Sains Kerohanian, Pembuatan Mading 2D, Lomba Cerpen Sains, Karya Tulis Ilmiah Biologi, Pemanfaatan Barang-barang Bekas, Olimpiade Sains SMP, dan Lomba Cepat Tepat SMP-SMA.

Menurut Ketua Pelaksana Gempita 2015, Saputa Wijaya (Pendidikan Matematika 2013), tujuan terselenggaranya kegiatan ini guna menggali potensi kreativitas siswa di bidang sains dan kerohanian. Selain itu juga, dengan hadirnya berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat Se-Sumbagsel ini dapat menyambung tali silaturahim antar sesama pelajar dan guru terutama alumni Universitas Lampung.

Wakil Dekan III FKIP Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Muhammad Fuad menyampaikan rasa bangga kepada mahasiswa yang telah berusaha menyelenggarakan kegiatan ini. “Gempita 2015 ini merupakan prestasi, karena gelarannya mencakup wilayah Se-Sumbagsel, dan di dalam penyelenggaraannya ada gabungan kerjasama mahasiswa Unila dan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang”, papar Fuad.

Fuad menambahkan bahwa dengan terselenggaranya agenda ini, FKIP mampu menjadi barometer pembangunan khususnya kemajuan dari segi pendidikan ilmu eksak serta  mampu menambah wawasan masyarakat. Gempita yang syarat dengan kegiatan fair play dan ber-output jelas ini dapat menjadi media implementasi teori-teori yang diperoleh di sekolah bagi siswa yang mengikuti lomba. Selain rangkaian lomba, panitia Gempita menggelar bazar di pelataran aula K selama lomba berlangsung yang bekerja sama dengan sponsor. (Rf)

Unduh daftar pemenang lomba : di sini

Informasi Pedoman Umum Beasiswa BBP-PPA Tahun 2015

Laporan Singkat DPR Tentang PPA BBM

Laporan Singkat DPR RI Mengenai Beasiswa BBP-PPA Tahun 2015

(Eduspotnews) Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler. Agar program bantuan biaya pendidikan dan beasiswa dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menerbitkan pedoman. Penerbitan pedoman ini diharapkan dapat memudahkan bagi para pengelola agar penyelenggaraan program dapat terlaksana sesuai dengan harapan kita semua. Selain itu pedoman ini diharapkan juga dapat memudahkan bagi para mahasiswa yang akan mengusulkan sebagai calon penerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan, memudahkan bagi mahasiswa penerima untuk menjalankan hak dan kewajibannya.

Sejak tahun 2012 istilah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) disesuaikan dengan istilah yang sejalan dengan ketentuan yang ada yaitu menjadi Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA). Perguruan tinggi dan Kopertis diharapkan dapat menyesuaikan dengan hal ini. Dengan terbitnya pedoman ini, proses seleksi, penyaluran/pemberian beasiswa dan atau bantuan biaya pendidikan diharapkan akan berjalan dengan lebih baik, dan mahasiswa dapat terbantu membiayai pendidikannya dan mengikuti studinya dengan lancar, terus meningkan prestasinya serta menyelesaikan studi dengan tepat waktu. Kepada para pimpinan perguruan tinggi dan Kopertis Wilayah kami harapkan dapat melakukan sosialisasi, seleksi dan pengelolaan/penyaluran beasiswa dan bantuan biaya pendidikan mengacu kepada pedoman ini.

Sejalan dengan perubahan organisasi, program ini akan terus dilaksanakan oleh kementerian yang baru yaitu Kementerian Risek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Akhirnya kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada perguruan tinggi dan Kopertis yang telah menyelenggarakan program ini dengan baik. Sumber http://dikti.go.id

Unduh PEDOMAN-BEASISWA-BBP-PPA-2015 Disini