Pacu Layanan, FKIP Unila Kembangkan Aplikasi SIMAFILA

EduspotNews: Bertempat di Novotel Bandar Lampung (Jum’at, 06/04) Berlangsung acara sosialisasi dan Workshop Aplikasi SIMAFILA yang di kembangkan oleh Unit Database dan Publikasi Ilmiah dengan menggaet program studi Pendidikan Vokasional Teknologi Informasi (PVTI) Universitas Lampung dibawah bimbingan Dosen Pemrograman Ghea Chandra S. Aplikasi ini di kembangkan dalam rangka upaya meningkatkan akreditasi program studi di lingkungan FKIP. SIMAFILA dibuat untuk merekam kegiatan perkulihan mahasiswa yang berupa data prestasi dan Proses skripsi dan thesis yang sedang dikerjakan mahasiswa. Aplikasi ini bekerja mengikuti alur kegiatan perkulihan yang telah berjalan sehingga tidak merubah jalanya proses administrasi yang sudah berjalan di prodi namun akan mengumpulkan data kegiatan skripsi/thesis mahasiswa sehingga prodi dapat memonitoring proses skripsi yang dilakukan mahasiswa. Aplikasi ini akan memonitor skripsi/thesis mahasiswa seperti lama proses proposal, hasil, atau skripsi/thesis secara keseluruhan, mahasiswa yang menghilang atau mahasiswa yang akan Drop Out (DO).

Menurut Ketua Unit Database dan Publikasi Ilmiah, Diah Utaminingsih Kegiatan workshop ini sangat mendukung pengumpulan data dan informasi khususnya di FKIP. Lebih lanjut Diah mengatakan “Aplikasi ini akan mengumpulkan informasi yang akan menunjang akreditasi program studi di lingkungan FKIP Universitas Lampung”.

Kegiatan Workshop tersebut bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi SIMAFILA kepada para operator program studi selain itu juga di lakukan FGD untuk menerima masukan dalam mengembangan aplikasi yang maih dalam tahab beta.

Menurut Ghea yang ditemu di sela kegiatan workshop memaparkan “aplikasi (SIMAFILA) masih dalam tahap beta test untuk melihat efektifitas dan kekurangan aplikasi tersebut jadi masih memerlukan masukan dari para pengguna untuk pengembangan lebih lanjut”. (am/ge)

Tinggalkan Balasan