Audit Internal oleh LP3M di FKIP Unila Tahun 2017

Eduspotnews Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung pada Rabu (07/09) mendapat ‘giliran’ untuk di audit oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung. Audit ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Universitas Lampung untuk ‘memotret’ secara menyeluruh kondisi fakultas dilihat dari segi penilaian 7 standard borang 3B by data. Bertindak sebagai auditor internal adalah Prof. Dr. Murhadi, M.Si. didampingi Wayan Suana, S.Pd., M.Si, dan Yuda Romdania, M.T.

Selaku auditor,  Prof. Murhadi menyampaikan bahwa poin penting yang menjadi sasaran penilaian kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana tahun sebelumnya, penilaian dilakukan meliputi semua unsur standard borang 3B.

“Tahun ini, audit difokuskan pada standard 4 dan 7, data untuk standard lain tetap dilihat, namun bukan untuk mencari kesalahan tetapi kami membantu fakultas untuk melengkapi kekurangan standarisasi yang belum ada”, ujar Prof Murhadi saat audit.

Dalam momentum ini, Dekan FKIP Unila, Dr. Muhammad Fuad, M.Hum. menjabarkan secara menyeluruh pencapaian dan rencana target FKIP Unila yang telah dilakukan. Pemaparan ini dipandu langsung Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FKIP Unila, Dr. Abdurrahman, M.Si.

Setidaknya terdapat 13 item program yang telah diselenggarakan FKIP untuk meningkatkan capacity building tenaga kependidikan dan 10 item program untuk dosen. Dari presentasi yang disampaikan, terdapat beberapa program yang salah satunya berkaitan dengan pelaksanaan sistem terintegrasi mengenai mapping dan update data secara digital. Hal ini dinilai positif dan penting, sehingga perlu adanya tindakan fokus untuk manajemen kearsipan yang baik.

Selanjutnya adapun saran-saran yang menjadi cacatan dalam audit internal ini antara lain, manajemen data sebaiknya dapat ditampilkan secara efisien, data dibuat berbentuk persentase dan cluster, serta perlu adanya video profil fakultas yang dibuat sedemikian rupa, agar menjadi modal awal penilaian masyarakat umum mengenai cerminan lembaga. [RF]

Leave a Reply