Persiapkan Transisi ISO 9001:2008 ke ISO 9001:2015, FKIP Laksanakan Update Dokumen ISO Berkala

Eduspotnews Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila dalam waktu dekat akan melaksanakan transisi ISO 9001:2008 ke ISO 9001:2015. Untuk mempersiapkan ini, semua unit dari fakultas hingga program studi diminta untuk meng-update dokumen terkini ISO yang sebelumnya telah diterapkan.

Review dan perubahan ini dilakukan dalam rangka untuk mengimbangi standar dengan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi, serta relevansi terhadap pelayanan kepada konsumen yang dalam hal ini adalah mahasiswa dan masyarakat selaku user luaran dari FKIP itu sendiri.

Update dokumen ISO ini diselenggarakan terjadwal yakni  sejak keputusan transisi ISO ditetapkan pada pertemuan sebelumnya di Hotel Yumna Bandar Lampung yang lalu. Pada pertemuan sebelumnya, sasaran pelatihan pendampingan manajemen ISO ditujukan agar peserta (red. Semua unit pelayanan hingga MR) memahami organisasi ISO 2015, memahami international standard, sistem manajemen mutu, pendekatan proses model, hingga klausul tambahan yang berbeda dari ISO sebelumnya.

Menurut Adnan Adlin selaku pendamping Vidya Konsultan menjelaskan, satu ciri penerapan ISO 9001 : 2015 adalah diterapkannya pedoman Manajemen Risiko yang bertujuan untuk meningkatkan fondasi dan konsisten dalam beberapa tahun ke depan. Pendekatan ini mensyaratkan suatu lembaga untuk melakukan Identifikasi, Penerapan, Pengelolaan dan Melakukan Peningkatan Berkesinambungan (Continual Improvement).

Selanjutnya, hal ini dipertegas oleh penyampaian Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Abdurrahman, M.Si. saat membuka kegiatan Update Dokumen ISO, Kamis (10/08). “Civitas Akademika FKIP Universitas Lampung berkomitmen untuk mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 – 2015 ditahun 2018 mendatang. Sehingganya, segenap unit dari masing-masing bagian akan sama-sama berupaya agar penerapan ISO 2015 tidak sekedar hanya dokumen saja, tetapi diikuti oleh kualitas dan kuantitas yang memadai”, tegasnya.

Kebijakan mutu yang diterapkan yakni berkomitmen menyelenggarakan Pendidikan , Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta menyediakan Sumber Daya yang berkualitas dalam Bidang pendidikan dengan melakukan perbaikan terus menerus dalam Sistem Manajemen.

Selain Komitmen pada Penyusunan dan Implementasi ISO 9001 – 2015 , FKIP juga menetapkan kebijakan mutu Perguruan Tinggi serta menjalankannya, memastikan penetapan Sasaran Mutu yang dijalankan secara Konsisten, melakukan Tinjauan Manajemen secara berkala dan memastikan tersedianya Sumber Daya yang Berkualitas.

“Dengan Sertifikasi ISO 9001 – 2015, FKIP Universitas Lampung berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi Mahasiswa dan stakeholder. Jika terjadi kesalahan harus diperbaiki sesuai standar pelayanan pendidikan yang berkualitas sehingga bermanfaat bagi Mahasiswa dan stakeholder

Manfaat Penerapan ISO 9001 – 2015 adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan, jaminan kualitas produk dan proses, produktivitas Perusahaan dan Market Gain, meningkatkan motivasi, moral dan kinerja karyawan, sebagai alat Analisa Kompetitor Perusahaan, meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok, meningkatkan Cost Efeciency dan Keamanan Produk, meningkatkan Komunikasi Internal , meningkatkan Image Positif Perusahaan, Sistem Terdokumentasi serta sebagai Media untuk Pelatihan dan Pendidikan. [Riky]

Leave a Reply