7 Tim PKM Unila Yang Maju PIMNAS 2017, Berhak Bebas Tugas Akhir (Skripsi/Tesis/Disertasi)

Eduspotnews  Untuk Pimnas tahun ini, Unila patut berbangga karena telah masuk di posisi dua puluh besar deretan teratas nama-nama perguruan tinggi se-Indonesia yang memiliki jumlah peserta lolos seleksi. Universitas Lampung meloloskan sebanyak 7 kelompok Progam Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dimana pada 23-28 Agustus 2017 nanti akan terselenggara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama FKIP Unila, Dr. Abdurrahman, M.Si. menjelaskan, mahasiswa yang memiliki karya ilmiah dalam bentuk Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang lulus seleksi  dan maju di PIMNAS, maka sesuai peraturan akademik Universitas Lampung pasal 48 ayat 4 Tahun 2016, karya mahasiswa  tersebut diakui setara dengan karya ilmiah tugas akhir (Skripsi/Tesis/Disertasi).

“Sesuai dengan peraturan akademik, ini berlaku secara otomatis, dan pihak fakultas telah menetapkan literatur agar mahasiswa dapat menyesuaikan di tingkat program studi. Inipun juga berlaku untuk mahasiswa yang memiliki jurnal terindeks scopus”, tegas Abdurahman saat diwawancarai Eduspot.

Selanjutnya, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP Unila, Drs. Supriyadi, M.Pd menuturkan, prestasi ini tidak lepas dari usaha dan kerja keras yang dilakukan semua pihak. Mereka terdiri dari mahasiswa, dosen pembimbing, program studi, fakultas serta pihak universitas.

Supriyadi mengungkapkan, pada PKM tahun ini Unila berhasil meraih dana hibah dari beberapa pelaksanaan program Dikti ini. Melalui seleksi dan monitoring serta evaluasi, maka sebanyak 7 tim dinyatakan layak bersaing di Pimnas 2017.

Adapun tim PKM yang berhasil lolos seleksi tahun ini terdiri dari, satu bidang Teknologi, satu PKM Penelitian Sosial Humaniora, tiga PKM Penelitian Eksaktra, dan dua PKM Kewirausahaan.

Sebelum berangkat, tim terus dipersiapkan dengan memberikan tambahan pembekalan dan pelatihan, baik soft skill maupun hard skill. Bahkan, kontingen ini selanjutnya rencananya akan diberikan pembekalan dan pelatihan intensif untuk persiapan menuju PIMNAS.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pinmas) ke 30 kali ini akan diikuti sebanyak 420 tim dari 89 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Oleh karena itu, lebih dari 3.000 mahasiswa akan berpartisipasi, baik mahasiswa maupun dosen pendamping. [Riky]

Leave a Reply