FKIP Unila Selenggarakan Rakor Persiapan Pembukaan Prodi PPG dengan Kepala Sekolah Mitra

Eduspotnews  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)  dengan melibatkan seluruh kepala sekolah di Lampung yang ditunjuk oleh LPTK Unila pada Senin (24/7). Rakor ini  bertujuan memberikan informasi secara menyeluruh tentang rencana pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan keterkaitan sekolah mitra dengan FKIP Unila dalam pembentukannya.

Adapun kegiatan ini dipandu langsung oleh Dr. Sunyono, M.Si. Dalam penjelasannya ia menyampaikan secara menyeluruh persiapan pembukaan Program Studi PPG di Unila.

Penjelasan secara lengkap terhimpun dalam draft Pedoman Pembukaan Prodi PPG oleh Kemenristek Dikti tahun 2017. Dalam penjelasan pedoman Kemeristek Dikti, terdapat beberapa persyaratan dan prosedur pembukaan prodi PPG yang berkenaan dengan sekolah mitra Universitas Lampung. Hal tersebut antara lain, adanya Surat Keterangan dari sekolah yang menyatakan dosen memiliki pengalaman mengajar di sekolah yang juga diperkuat dengan nota kesepahaman antara sekolah dan Universitas Lampung yang dalam hal ini FKIP Unila.

Dikesempatan yang sama, Dekan FKIP Unila, Dr. Muhamad Fuad, M.Hum. juga menyampaikan bahwa sekolah yang hadir dalam pertemuan ini merupakan sekolah pilihan yang memiliki guru-guru dengan hasil UKG lebih atau sama dengan 76. Selain mempersiapkan kepala sekolah untuk memahami  dan mensosialisasikan informasi PPG ini, FKIP Unila juga membantu memberikan solusi secara kontekstual  dan konseptual dalam mempersiapkan pendidikan di sekolah.

Hasil dari Rakor ini diharapkan  memperkuat pemahaman tentang konsep dan karatersitik  persiapan program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) berikut evaluasi program PPG dan PLPG secara singkat serta  menjadi rekomendasi bersama tentang persiapan program studi Pendidikan Profesi Guru di Provinsi Lampung tahun 2017 ini. [Rf]

Leave a Reply