1467 Guru PNS dan NON PNS Ikuti Kuliah On Line “KEMDIKBUD”

Eduspotnews : Sebanyak 1467 Guru PNS dan NON PNS mengikuti kuliah daring / online yg di selenggarakan oleh Panitia Sertifikasi Guru Rayon 107 Universitas Lampung, dimana kegiatan tersebuat merupakan pembekalan sebelum peserta mengikuti Diklat secara langsung rencananya akan di selenggarakan pada bulan September tahun 2017. Menurut Tim Data dan Informasi Amarulloh, M.Kom “bahwa sistem pembekalan dilaksanakan secara online atau dalam jaring (daring) jadi antara mentor dengan peserta didik pertemuan dilaksanakan tidak bertatap muka, jadi pembelajaran terbuka dan mandiri waktunya kapan saja, lokasinya dimana saja dengan catatan setiap peserta didik dan mentor terkoneksi dengan internet”, hal ini juga menjadi syarat sebelum mengikuti diklat PLPG 2017 dan bekal bagi para guru untuk menguasai perangkat teknologi informasi dan menjadi culture penguasaan teknologi informasi. Secara detail amarulloh mengatakan “ baik mentor atau peserta didik dapat mengakses web pembekalan http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan/login di laman tersebut peserta dapat melakukan diskusi, bimbingan, essay,pembahasan modul,kumpul tugas sesuai dengan waktu yg sudah ditentukan oleh mentor. Peserta kuliah daring berasal dari 15 Kabupaten/Kota yang tersebar di Provinsi Lampung, peserta harus terkoneksi dengan internet yang ada di wilayah masing-masing, apabila mengelami kendala dengan koneksi internet peserta dapat menghubungi dinas kabupaten/Kota, baik peserta maupun mentor harus sama-sama berperan aktif dalam pembelajaran daring ini”.

PEMBEKALAN MATERI PLPG :

  1. Peserta mempelajari secara mandiri dua sumber belajar, yaitu pedagogik dan bidang studi sesuai dengan mata pelajaran/bidang keahlian guru masing-masing.
  2. Sumber belajar yang diperlukan untuk kegiatan pembekalan materi dapat diunduh melalui laman: sertifikasiguru.id.
  3. Lama waktu pembekalan materi 2 bulan sebelum mengikuti PLPG.
  4. Setiap peserta mendapatkan pendampingan seorang instruktur sebagai mentor dari LPTK penyelenggaran (LPTK Rayon/subrayon).
  5. Instruktur pendamping (mentor) pembekalan materi PLPG ditetapkan oleh LPTK Rayon/Subrayon dengan rasio 1 (satu) orang mentor mendampingi 1 (satu) kelompok peserta. Setiap kelompok peserta terdiri dari 10 orang. Setiap mentor maksimal mendampingi 2 (dua) kelompok peserta.
  6. Selama masa pembekalan materi PLPG, setiap peserta wajib membuat laporan kemajuan kepada instruktur pendamping (mentor) sebanyak 4 kali dengan format laporan yang telah ditentukan.
  7. Pengiriman laporan kemajuan dilakukan secara daring (online) melalui Aplikasi Sertifikasi Guru (ASG). Khusus peserta yang tinggal di daerah tertentu, yaitu daerah yang belum/tidak ada jaringan internet dan/atau belum terdapat aliran listrik, maka mentoring peserta dapat dilakukan melalui email dari tempat terdekat yang tersedia jaringan internet atau melalui tatap muka dengan frekuensi minimal dua kali.
  8. Instruktur memberikan masukan dan melakukan penilaian (formatif) terhadap setiap laporan kemajuan dari peserta secara daring melalui aplikasi ASG. Khusus untuk peserta di daerah tertentu sebagaimana pada butir 7, untuk yang melalui email mentor memberi masukan juga melalui email, sedangkan yang tatap muka dilakukan secara langsung.
  9. Peserta wajib membuat laporan hasil pembekalan materi sebagai laporan akhir sesuai format yang telah ditentukan dan diserahkan pada saat registrasi di lokasi PLPG.

sumber : buku 2 & 3 PLPG Tahun 2017 (kemdikbud)

Situs Resmi Pembelajaran : http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan/login

Unduh modul

Unduh format laporan

Unduh jadwal Pembekalan

 

 

Tinggalkan Balasan