Tiga Pemateri asal Florida (USA) isi Studium General Jurusan Bahasa dan Seni

Eduspotnews Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Lampung selenggarakan Studium General dengan mengusung tema “Pemahaman Kebudayaan di Lingkungan Pendidikan (Cultural Understanding in Education Atmosphere), Kamis 27/04.

Dr. Mulyanto Widodo Ketua Jurusan Bahasa Dan Seni dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Studium general kali ini diisi oleh tiga narasumber dari Florida, Amerika Serikat. Adalah Stan Stone selaku Head Master FCA dari Taman Kanak-Kanak (TK) sampai dengan pendidikan atas; Katie West (guru TK) dan Chintia Collins (Guru Sekolah Dasar). Dalam kesempatan ini, mereka menyampaikan materi pada Studium General dalam bentuk sharing serta diskusi pembahasan mengenai kultur dan bahasa yang ada di Amerika dengan para peserta.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP Unila Dr. Muhammad Fuad, M.Hum. dan didampingi Ketua Jurusan Bahasa dan Seni, Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd. Dalam sambutannya, Fuad menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat strategis untuk menjadi referensi bagi para mahasiswa. Karena tahun ini pemerintah melalui Kemenristekdikti, mengusung Program SEA-Teacher yakni program pertukaran pelajar di wilayah Asean.

“Tahun ini ada 6 (enam) mahasiswa FKIP akan Praktik mengajar atau PPL di negara Asia. Memang tahun ini baru diprioritaskan untuk Pendidikan MIPA, Bahasa Inggris dan PG PAUD.  Tapi kalau ini sukses, Pendidikan Seni, Pendidikan Bahasa Indonesia juga dapat PPL di wilayah asean ini”, papar Fuad.

Selanjutnya Fuad juga menyampaikan, dengan kegiatan ini, ide pertukaran mahasiswa untuk mengajar di Amerika pun bukan tidak mungkin dilakukan. Dengan pengetahuan ragam budaya dan bahasa yang memadai, maka para mahasiswa pun dapat bersaing di tingkat global. [Rf/Pw]

Leave a Reply