FKIP Universitas Lampung Terapkan Perpustakan Digital

Eduspotnews Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan perubahan pada berbagai sektor, tak terkecuali pada perpustakaan. Perpustakaan sebagai institusi yang mengelola informasi merupakan salah satu bidang penerapan teknologi informasi yang berkembang pesat.

Perkembangan ini dapat dilihat dari perkembangan jenis perpustakaan yang berkaitan dengan teknologi informasi, yaitu dimulai dari perpustakaan konvensional, perpustakaan ter-automasi, perpustakaan hybrid, sampai perpustakaan digital. Kebutuhan akan TIK sangat berhubungan dengan peran perpustakaan sebagai media penyebaran informasi, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Perpustakaan membagi rata informasi dengan cara mengumpulkan, mengelola dan menyediakannya untuk umum.

Jika pada umumnya pada perpustakaan konvensional kami, siswa harus datang ke perpustakaan untuk mendapatkan sumber informasi yang dibutuhkan. Sedangkan dengan adanya perpustakaan digital, perpustakaan yang datang menyediakan layanan kepada pengguna melalui jaringan internet. Selain itu, dengan adanya jaringan, maka lebih banyak perpustakaan yang dapat dimanfaatkan.

Dalam jaringan tersebut ada resource sharing, yaitu tersedianya banyak sumber yang dibagi oleh berbagai lembaga dan adanya sambungan ke sumber-sumber informasi tertentu dalam jumlah banyak. Sumber-sumber informasi dalam perpustakaan digital dapat selalu diperbarui oleh pustakawan dengan cepat sehingga informasi yang disajikan selalu baru.

Sumber informasi yang ditawarkan oleh penerbit secara online juga dapat selalu diperbarui dalam waktu cepat. Selain itu, format-format baru sumber informasi juga dapat diwadahi dalam perpustakaan digital ini.

Adanya perpustakaan digital FKIP Universitas Lampung ini, mahasiswa dapat dengan mudah mencari sumber referensi yang mungkin tidak ada di perpustakaan konvensional yang kami miliki berupa buku-buku digital, audio, video, tugas-tugas dan banyak lainnya.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh perpustakaan digital ini diharapkan semakin menambah jiwa literasi para mahasiswa sebagaimana yang diharapkan dalam program literasi di perguruan tinggi yang kini sedang gencar dilakukan oleh kemenristek dikti. [Rf]

Kunjungi Situs Perpustakaan Digital FKIP di :

http://kubuku.id/download/unila/

Password Login kilik disini

Tinggalkan Balasan