Terapkan Pelayanan Berbasis Digital, FKIP Gelar Pelatihan Dua Hari

Eduspotnews Seiring dengan kemajuan teknologi, dunia kearsipan kini telah memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk mengolah, mengakses dan penyebaran serta pelestarian arsip. Dengan memungkinkan pengaksesan yang lebih luas,  diharapkan arsip merupakan dokumen yang sekaligus mampu memberikan manfaat untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Kini pengarsipan dokumen sudah dapat diakses secara online, dan bahkan layanannya telah mengarah pada sistem layanan otomasi.

Untuk memenuhi ketercapaian pelayanan prima inilah, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) melalui Unit Database dan Publikasi Ilmiah menggelar pelatihan peningkatan kemampuan berbasiswa digital bagi tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan FKIP, Jumat hingga Sabtu (13-14/04).

Acara ini dibuka langsung oleh Drs. Buchori Asyik, M.Si. selaku wakil dekan bidang keuangan, umum, dan kepegawaian. Tak kurang dari 35 peserta perwakilan dari seluruh program studi dan jurusan di FKIP Unila, ikut serta berpartisipasi pada pelatihan intensif ini. Pelatihan terfokus selama dua hari di Hotel Inna Eight Bandar Lampung.

Adapun materi yang disuguhkan dalam pelatihan ini antara lain, Pelatihan Peningkatan Kemampuan Mengelola Web, Pengarsipan Dokumen Secara Digital dan Optimalisasi Penggunaan Fitur Microsoft Office. Materi disampaikan oleh pakar Teknologi Informasi FKIP Unila, Amarulloh S.T., M.Kom., dan Rahmad Wahyudi.

Dalam sambutan pembukaan, Buchori Asyik menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya pengoptimalan pelayanan secara prima kepada mahasiswa, alumni maupun umum ke dalam pelayanan berbasis digital. Ia berharap agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengimplimentasikan kemampuan yang diperoleh secara langsung pada pelayanan di kampus.

Selanjutnya, Diah Utaminingsih selaku ketua Unit Database dan Publikasi Ilmiah memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari upaya fakultas untuk terus meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan yang juga tahun lalu pernah terselenggara.

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan terjadwal yang telah disusun oleh fakultas melalui tim Unit database dan publikasi ilmiah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan periode 2017”, terang Diah.

Mekanisme pelatihan ini tersusun ke dalam tiga sesi pematerian. Tiap sesi disampaikan dengan metode praktik langsung didampingi pemateri dan asisten. Pada Materi sistem digitalisasi dokumen, tiap peserta yang telah membawa perangkat laptop diberikan login menuju website http://eprints.fkip.unila.ac.id/. Ini guna memudahkan para peserta untuk mengakses dan memanfaatkan fitur eprints di unit kerja masing-masing.

Selanjutnya dalam penyampaian materi pengelolaan website, para peserta yang mengikuti sesi ini diminta untuk mengerjaan kan pre-test dan post-test. Ini dimaksudkan untuk mengukur ketercapaian pemahaman para peserta pada saat implementasi nanti.

Dalam kesempatan itu, Amarulloh selaku pemateri desain website menyampaikan bahwa, pentingnya pemahaman tentang penggunaan website dan digitalisasi pengarsipan saat ini sangat diperlukan. Mengingat keterbukaan pelayanan digital akan sangat mempermudah para mahasiswa, alumni hingga masyarakat yang akan membutuhkan pelayanan di FKIP Unila. [Rf]

 

Leave a Reply