Hasriadi : Ilmu Tanpa Agama, Maka Tunggulah Kehancurannya

0
84
Rektor Unila saat menyampaikan kultum bada dzuhur di masjid Al Wasi'i
Rektor Unila saat menyampaikan kultum bada dzuhur di masjid Al Wasi’i

Eduspotnews Kutipan pesan Rektor Universitas Lampung, Prof. Hasriadi Mat Akin pada kultum ba’da Dzuhur berjemaah di masjid Al Wasi’i Universitas Lampung, Senin (06/03) :

  • Pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah ini dalam rangka meningkatkan kualitas diri sebagaimana yang diketahui bersama, sholat adalah tiang agama. Memelihara kualitas sholat adalah upaya menghindari dampak negatif sekaligus filterisasi diri dari perbuatan keji dan mungkar, sehingganya pembentukan karakter diri dimulai dari meningkatkan kualitas ibadah.
  • Mengutip Qur’an Surah Al-Mukminun ayat 1-5 dan ayat 9 : “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyu’ dalam shalatnya, dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna, dan orang yang menunaikan zakat, dan orang yang memelihara kemaluannya, serta orang yang memelihara shalatnya”.
  • Mengingat arus globalisasi saat ini berpengaruh pada penyebaran pengaruh negatif ke seluruh penjuru negeri dengan sangat cepat melalui teknologi informasi. Unila mengambil peran yakni dengan meningkatkan iklim beragama salah satunya melalui beribadah. Budaya timur dicirikan dengan agamanya, ini merupakan nilai lebih bagi bangsa mengingat ilmu yang dilandasi agama maka akan baik pula kualitas suatu pembangunan dan peradaban. Lagi, dengan ini Rektor menghimbau setiap pribadi untuk senantiasa meningkatkan kualitas ibadahnya.

“Mencari orang pintar lebih mudah, namun mencari orang berintegritas dan jujur saat ini mulai langka”.

  • Tidak ada satu pun bangsa di dunia ini yang mampu menghalangi masuknya arus globalisasi, begitu juga kita selaku warga Indonesia khususnya Lampung akan tertinggal bila hanya diam. Oleh karena itu, kita sebagai umat Islam, mari bersama-sama menginternalisasi nilai-nilai Islam ke seluruh sanubari. Itu merupakan satu cara mengurangi dampak negatif yang terjadi pada masa globalisasi.
  • Dalam momen ini, Rektor juga menghimbau para jemaah sholat dzuhur dan semua civitas akademika bersama-sama berinfak untuk pembangunan renovasi masjid AL Wasi’i yang merupakan etalase kehidupan beragama di kampus Universitas Lampung. [RF]