Prodi Pend. Kimia Adakan Sosialisasi Visi Misi & Pelatihan Pendidikan Berkarakter

img_3990Eduspotnews (04/02) Kegiatan dalam rangka Re-Akreditasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lampung mengadakan  Sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Kimia yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Kimia (Dr. Ratu Betta Rubdiyani, M.Si) dan Pelatihan Pembelajaran Kimia Berkarakter yang disampaikan oleh Dosen Pendidikan Kimia Dr. Sunyono, M.Si.  Peserta kegiatan ini adalah seluruh dosen Pendidikan Kimia, Alumni dan Mahasiswa Pendidikan Kimia lintas angkatan.  Terhitung dari angkatan 1981 hingga 2016 yang hadir dalam kegiatan ini, walaupun tidak secara keseluruhan.  Alumni lintas angkatan ini kebanyakan berprofesi sebagai seorang guru yang tersebar di seluruh daerah di provinsi Lampung.  Tujuan  kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan akreditasi prodi Pendidikan Kimia pada tahun 2018.

Salah satu bentuk kegiatannya adalah penyampaian visi, misi dan tujuan prodi Pendidikan Kimia yang harus di sampaikan kepada Alumni dan Mahasiswa Pendidikan Kimia.  Peran Alumni dan Mahasiswa ini adalah untuk memberikan kritik dan saran kepada prodi untuk perbaikan di beragam lini.  Akreditasi “A” adalah harapan setiap lembaga pendidikan, ketika Universitas Lampung sudah memperoleh akreditasi “A” maka banyak program studi yang berjumlah 52 ini segera berupaya untuk mencapai itu,  mengingat kondisi Unila kini baru 21 program studi yang mendapat akreditasi serupa, dan masih ada akreditasi B yang jumlahnya 52 prodi.

Pendidikan Kimia sedang berproses menuju akreditasi “A” pada tahun 2018.  Kini proses re-Akreditasi sedang berlangsung, beragam kegiatan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi).  Karena akreditasi “A” tidak diperoleh dengan berpangku tangan, butuh energi dan kerja sama semua pihak untuk merealisasikan demi terwujudnya Program Studi Pendidikan Kimia yang memiliki akreditasi “A” pada tahun 2018.

Pelatihan Pendidikan Kimia Berkarakter yang disampaikan oleh Dosen pendidikan Kimia ini, merupakan rangkaian kegiatan re-akreditasi .  “Mata pelajaran Kimia yang diterapkan di setiap sekolah yang disampaikan oleh guru-guru kimia lulusan FKIP Unila ini haruslah membangun karakter siswa “sesuai penuturan Sunyono selaku pemateri dalam pelatihan ini.  Mengingat bahwa karakter siswa terbentuk baik karena keberhasilan guru dalam mendidik, dan dosa yang dilakukan oleh siswa itu merupakan akibat dari sistem pembelajaran guru yang dirasa tidak tepat.  Sehingga membangun karakter siswa menjadi poin penting untuk meningkatkan kualitas diri siswa di setiap sekolah.  Jika setiap guru berlaku demikian maka akan banyak calon penerus bangsa yang berkarakter.  Berkarakter mulia adalah tujuan akhir dari proses pembelajaran.  “Murid bukan mencari nilai, tapi tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas dengan integritas dan kompetensi yang mumpuni” penuturan Sunyono. [CYU]

Leave a Reply