Hasriadi : Unila Itu Ibaratkan Sebuah Mobil

458

DSC_6433(Eduspotnews) Universitas Lampung (Unila) melalui Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Buletin dan Majalah bagi 50 orang staf humas di lingkungan universitas lampung, Kamis (18/8).

Kegiatan yang terselenggara di Hotel Widara Asri Bandar Lampung ini dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Lampung, Prof. Hasriadi Mat Akin didampingi Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Unila, Harsono sucipto,S.H.,M.H.

Dalam sambutannya, Hasriadi menyampaikan pentingnya publikasi positif seputar kampus Unila dan mengingat korelasi positif antara citra baik dengan kinerja yang meningkat sangat dibutuhkan untuk mendongkrak nama baik Unila di masyarakat.

DSC_6371Selanjutnya, Hasriadi menyampaikan bahwa Unila kini tengah fokus dengan berbagai program riset dan pengabdian bagi masyarakat, sehingganya perlu ada bantuan dari para staf jurnalis di lingkungan Unila untuk mempublikasikan citra positif institusi ke masyarakat.

 “Unila ibaratkan sebuah mobil. Semua bagian penting, baik dari bagian terkecil unit kerja hingga terbesar, semua memiliki peran penting untuk kemajuan Unila”, tegas Hasriadi.

Di kesempatan yang sama, Harsono Sucipto menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah tidak lain untuk  mengoptimalkan dan meningkatkan kemampuan staf di bidang jurnalistik khususnya dalam pembuatan buletin dan majalah internal.

“Media merupakan garda terdepan dalam publikasi suatu institusi, sehingga para tim humas baik dari fakultas maupun rektorat dihimbau mampu mengangkat nama baik universitas”.

DSC_6413Pelatihan diselenggarakan bekerja sama dengan Lampung Post dan menghadirkan tiga pemateri. Yakni Redaktur Publishing Lampung Post Sudarmono, Redaktur Humaniora Lampung Post Rinda Mulyani, dan pemateri fotografi  Alamsyah.

Kegiatan terbagi menjadi dua sesi dalam satu hari. Antara lain menyampaikan pembahasan tentang cara memahami manajemen media massa, praktik kelompok membentuk organisasi dan menentukan rubrikasi majalah kampus, serta presentasi setiap kelompok yang disuguhkan masing-masing selama satu jam.

Selanjutnya materi mengulas bagaimana memahami fungsi penulisan, teknik-teknik menulis feature, praktik menulis profil atau sosok, serta presentasi dan evaluasi masing-masing selama satu jam. Selanjutnya untuk hari kedua, sesuai jadwal materi lebih banyak kepada praktik fotografi dan pengambilan gambar. [Rf]