Pelaksanaan Interview Pengaju Banding UKT 2016

1224
Sesi wawancara banding UKT di ruang sidang FKIP Unila
Sesi wawancara banding UKT di ruang sidang FKIP Unila

(Eduspotnews) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila hari ini melaksanakan interview bagi calon mahasiswa baru 2016 yang akan mengajukan banding uang kuliah tunggal (UKT). Bertempat di ruang sidang dekanat FKIP, para pengaju banding UKT diterima untuk melaksanakan wawancara kepada 4 asesor dari FKIP Unila, Rabu (01/06).

Sekilas informasi mengenai Uang Kuliah Tunggal  (UKT), ini merupakan  sistem pembayaran yang saat ini berlaku di seluruh perguruan  tinggi negeri dimana ketentuan ini berdasarkan Permendikbud No. 55 Tahun 2013 pasal 1 ayat 3, yakni setiap mahasiswa hanya membayar satu komponen dalam penyelenggaran pendidikan di perkuliahan.

Mekanisme pembayaran UKT dibagi  menjadi beberapa golongan. Kadar besaran dana pembayaran setiap fakultas berbeda. Ketentuan golongan disesuaian dengan laporan kadar ekonomi mahasiswa yang diterima.

_MG_4072Ciri khas penggolongan biaya UKT didasarkan pada kemampuan orang tua atau penghasilan dan karakteristik ekonomi keluarga mahasiswa. UKT juga difungsikan untuk subsidi silang kepada mahasiswa yang kurang mampu. Diharapkan dengan adanya kebijakan ini, dapat memberikan kemudahan bagi keluarga yang kurang mampu dalam segi ekonomi.

Bagi mahasiswa yang akan mengajukan banding golongan UKT memerlukan validitas kemampuan ekonomi keluarga dengan menyerahkan berkas-berkas yang mendukung. Namun perlu diperhatikan, bahwa manipulasi data akademik serta kondisi sosial ekonomi demi mendapatkan bidikmisi atau UKT rendah bisa terjadi pembatalan kelulusannya sebagai mahasiswa universitas bersangkutan. [Rf]