Ujian Tulis Serentak SBMPTN 2016

820
Suasana Ujian Tulis SBMPTN di kampus FKIP Unila
Suasana Ujian Tulis SBMPTN di kampus FKIP Unila

(Eduspotnews)  Pagi ini Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 digelar serentak. Para peserta SBMPTN 2016 ditantang untuk menyelesaikan ratusan soal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek dan atau TKD Soshum.

Berdasarkan keterangan yang dimuat pada laman resmi SBMTPN, tercatat 721.314 alumni SMA dan sederajat bertarung memperebutkan satu kursi di 78 kampus negeri melalui ujian ini. Khusus untuk Universitas Lampung (Unila),  tersediakan 1.766 kursi atau sekitar 30 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru yang telah dipersiapkan oleh panitia lokal (Panlok).

Panitia lokal SBMPTN Unila Muhamad Komarudin mengatakan bahwa jumlah mahasiswa baru yang akan diterima tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu yakni mencapai 5.280 orang dengan rincian melalui jalur seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) sebanyak 2.013 orang seleksi bersama mahasiswa perguruan tinggi negeri (SBMPTN) sebanyak 1.766 orang dan ujian mandiri (UM) sebanyak 1.506 orang.

IMG_0906Ada pun sistem penilaian untuk jawaban benar, peserta otomatis akan mendapatkan nilai empat poin (+4). Sedangkan satu jawaban salah maka akan ada pengurangan nilai satu poin (-1). Dan jika peserta mengosongkan jawaban, maka pada satu soal tersebut, poin tetap dihitung nol (0).

Khusus untuk peserta yang memilih program studi (prodi) seni tari dan pendidikan jasmani Universitas Lampung, pada hari kedua, peserta diminta untuk melaksanakan ujian keterampilan pada 1 dan 2 Juni 2016 di kampus A Panglima Polim (Seni) dan lapangan sepak bola Unila (Penjas). [Rf]