Upacara Peringatan Hardiknas 2016 di Universitas Lampung

884
Rektor Universitas Lampung, Prof. Hasriadi Mat Akin
Rektor Universitas Lampung, Prof. Hasriadi Mat Akin

(Eduspotnews) Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa paatriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan Universitas Lampung untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pada Senin (2/5). Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan khususnya civitas akademika Universitas Lampung dapat mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., membacakan amanat Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan tema “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”. Hasriadi menegaskan bahwa tema tersebut merupakan seruan bagi seluruh kalangan pendidikan tinggi  dan  perguruan  tinggi  untuk  melakukan  reformasi  pendidikan  tinggi,  sebagaimana  telah dimulai oleh Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Tim Marching Band Swara Edukasia FKIP Unila
Tim Marching Band Swara Edukasia FKIP Unila

“Ketika kita menghadapi beragam tantangan luar biasa dalam skala lokal, nasional, maupun global, reformasi pendidikan tinggi merupakan suatu keniscayaan pada masa-masa ini. Unila sendiri telah melakukan implementasi perubahan kurikulum untuk menghadapi globalisasi tersebut, sehingga kita tidak hanya menjadi penonton di negeri sendiri”, ujar Hasriadi saat diwawancarai Eduspot.

Selanjutnya di kesempatan yang sama, Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Akademik mengapresiasi penampilan Marching Band Swara Edukasia FKIP Unila yang ikut menyemarakkan peringatan Hardiknas Unila 2016.

Rektor Memberikan Piagam dan Tanda Kehormatan Kepada Dosen dan Karyawan Unila
Rektor Memberikan Piagam dan Tanda Kehormatan Kepada Dosen dan Karyawan Unila

“Penampilan mereka ini dapat membangkitkan semangat patriotisme dan perlu dibina secara terus menerus”, ujar Bujang. Ia juga berharap agar tiap personil dari Marching Band ini dapat lebih menghayati dari setiap penampilan yang dilaksanakan.

Di akhir peringatan Hardiknas ini juga, Rektor berkesempatan memberikan Tanda Kehormatan Pengabdian kepada beberapa dosen dan karyawan di lingkungan Unila yang memasuki masa pengabdian sepuluh tahun, dua puluh tahun dan tiga puluh tahun. [Rf]