120 Mahasiswa UI Kunjungi Pendidikan Geografi FKIP Unila

2399
Dekan memberikan sambutan penerimaan mahasiswa KKL Universitas Indonesia
Dekan FKIP memberikan sambutan penerimaan mahasiswa KKL Universitas Indonesia

(Eduspotnews) Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mendapat kunjungan dari rombongan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia (UI) pada Kamis (21/04). Sebanyak 120 mahasiswa dengan didampingi 2 dosen dan 2 asisten dosen diterima langsung Dekan FKIP Unila, Dr. Muhammad Fuad, M.Hum., di aula K FKIP.

Dalam sambutan penerimaannya, Fuad menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan mahasiswa dan dosen UI di kampus Hijau Universitas Lampung. Fuad juga memperkenalkan ciri khusus yang dimiliki oleh fakultas keguruan dan ilmu pendidikan ini, yakni ciri edukasi, dimana mahasiswa dari berbagai jurusan dan disiplin ilmu sengaja dipersiapkan untuk menjadi calon-calon pendidik yang professional dan memiliki kompetensi lulusan yang berdaya saing, sehingga kelak mampu mempersiapkan generasi-generasi penerus yang unggul untuk kemajuan bangsa.

Dikesempatan yang sama Hafid Setiadi, S.Si., M.T., selaku dosen pendamping KKL menyampaikan bahwa kedatangan rombongan mahasiswa UI ke kampus Unila merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan KKL yang terlaksana dari 17 hingga 23 April di Lampung. Ia menjelaskan bahwa Kuliah Kerja Lapangan merupakan suatu bentuk kegiatan pengalaman belajar kepada mahasiswa dengan mengunjungi tempat atau instansi yang berkaitan dengan bidang ilmu sejenis. Sehingganya, perlu ada kunjungan dan presentasi mengenai bidang ilmu serumpun untuk meningkatkan kompetensi keilmuan di bidang geografi.

_MG_0873
Situasi aula K saat penerimaan peserta KKL Universitas Indonesia

Selanjutnya, menurut Yossi Raka Permana selaku ketua pelaksana KKL Departemen Geografi UI 2016, Kuliah Kerja Lapangan dilakukan selama 5 hari, dimana 3 hari diantaranya mahasiswa melaksanakan observasi dan penelitian di masyarakat Kota Bandar Lampung.

Observasi ini dilaksanakan dengan mengusung tema “Transformasi Wilayah Urban dan Rural di Provinsi Lampung”. Adapun observasi ini terbagi ke dalam 4 bidang, yakni sosial budaya masyarakat, history kewilayahan, analisis topografi, dan analisis potensi wilayah berdasarkan mobilitas penduduk dan letak geografisnya.

Selama berada di FKIP Unila, mahasiswa Universitas Indonesia mengikuti rangkaian acara yang terbagi dalam dua sesi. Yakni sesi pertama adalah pemaparan secara umum mengenai kampus FKIP Unila oleh Dekan dan selanjutnya pengenalan Prodi Pendidikan Geografi oleh Drs. Buchori Asyik, M.Si.

_MG_0817
Drs. Buchori Asyik, M.Si (tengah) seusai memberikan kuliah umum kepada mahasiswa KKL

Untuk sesi kedua, rombongan diajak berkeliling mengunjungi fasilitas pendidikan yang ada di program studi pendidikan geografi. Ada pun fasilitas yang tersedia antara lain, laboratorium geografi dan pusat data geospasial Universitas Lampung.

“Kami sangat berterima kasih kepada segenap teman-teman dari pendidikan geografi, karena di Unila kami telah difasilitasi dan disambut hangat. Semoga Pendidikan Geografi Unila terus maju dalam prestasi dan semakin berjaya”,  ujar Yossi Raka Permana saat diwawancarai.

Di hari terakhir KKL di Lampung, mahasiswa Departemen Geografi UI juga telah merencanakan kunjungan sehari kesalah satu objek wisata pantai di pulau pahawang yang terletak di kabupaten pesawaran. [Rf]