Sosialisasi Remunerasi di lingkungan FKIP Universitas Lampung

868
Prof. Warsito tengah menyampaikan sosialisasi remunerasi
Prof. Warsito tengah menyampaikan sosialisasi remunerasi

(Eduspotnews) Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai bagian dari Universitas Lampung  (Unila) yang kini telah menerapkan pola pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU), dalam waktu dekat akan menerapkan sistem remunerasi bagi dosen dan karyawannya. Sebagai langkah awal penerapan remunerasi ini maka dilaksanakan sosialisasi pada Rabu (13/03) di aula A dekanat FKIP.

Sosialisasi disampaikan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang berstatus PNS di seluruh lingkungan FKIP Universitas Lampung. Sosialisasi pra-implementasi remunerasi ini menghadirkan Prof. Dr. Warsito dari tim remunerasi Unila sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Prof. Warsito menjelaskan, penetapan remunerasi pada Badan Layanan Umum ini didasari Perpres Nomor 88 Tahun 2013 tentang Tunjangan Kinerja di lingkungan Kemendikbud Pasal 3 ayat (1) huruf f dan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara ASN terdiri dari PNS dan PPPK.

“Penetapan remunerasi juga didasari oleh PP No 23 Tahun 2005 mengenai BLU menjadi pioneer mewujudkan Anggaran Berbasis Kinerja yang mengaitkan antara realisasi anggaran dan capaian kinerja,” ujarnya.

Selanjutnya penjabaran poin-poin mengenai apa-apa saja yang diatur sehingga tata pekerjaan mendapat suatu penilaian, maka tim remunerasi telah membaginya ke dalam beberapa grade-grade sesuai jenjang jabatan. Penilaian ini juga tidak terlepas dari bukti kehadiran tiap harinya. Baik dosen maupun karyawan, absensi dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu hari yakni absen pagi dan sore.

Pihaknya berharap dengan ditetapkannya remunerasi, kinerja layanan pendidikan meningkat, kinerja pengelolaan keuangan meningkat dan akuntabel, PTN BLU dikelola lebih modern, serta menghasilkan mahasiswa dengan pengetahuan dan kompetensi yang lebih baik. [Rf]