Selenggarakan Technopreneurship, BEM-U Gaet Eduspot FKIP Unila

939
Suasana Agenda Technopreneurship di GSG Universitas Lampung
Suasana Agenda Technopreneurship di GSG Universitas Lampung

(Eduspotnews) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung (Unila) kembali menghelat agenda besar di tahun 2016 ini dengan gelaran National Student Technopreneurship Program (NSTP). Ini merupakan salah satu acara yang mengusung konsep teknologi dan entrepreneurship dimana para pesertanya diajak untuk memahami dan terjun langsung untuk mempraktekkan upaya berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi informasi yang kini telah umum di masyarakat

Dengan sangat signifikannya kecepatan akses informasi, Indonesia pun dihadapkan dengan tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sebagaimana diketahui era global menuntut segala sesuatu berjalan secara cepat dan menyeluruh serta menembus batas-batas wilayah negara. Sehingganya melalui event ini para pemuda khususnya, diharapkan dapat terpacu untuk berinovasi dan lebih kreatif.

Selain itu, dengan menilai sangat terintegrasinya informasi dan sistem online masa kini, maka BEM Universitas Lampung menggaet Eduspot FKIP Unila untuk mempublikasikan kegiatan ini secara live streaming, online dan media cetak secara luas dan menyeluruh. Eduspot yang merupakan salah satu unit media publikasi yang ada di Universitas Lampung berbasis online dan cetak, juga bekerjasama dengan Kominfo Bandar Lampung untuk memperoleh kecepatan akses data (bandwidth) guna kelancaran pada saat menampilkan ambilan video yang selanjutnya ditampilkan secara streaming ke media online seperti website dan youtube live streaming.

Gelaran NSTP yang diusung BEM kali ini memiliki beberapa rangkaian agenda yaitu seminar nasional dengan tema utama “Membangun Kesiapan Masyarakat Indonesia dalam Menyambut MEA melalui Technopreneurship“, Seminar Nasional dan Bazar IT dengan tema utama “Young, Passionate, Impactful”. Selain itu terdapat bazar Informasi Teknologi (IT) yang diisi oleh beberapa vendor IT; karya IT mahasiswa dari beberapa universitas di wilayah Lampung; Toko buku yang berbasis Teknologi Informasi; Perusahaan Jasa IT; Produk makanan, minuman, aksesoris; serta vendor hardware dan software.

Tujuan utama diadakannya acara ini menurut Ridwansyah selaku ketua pelaksana kegiatan yaitu ini diharapkan mampu menjadi salah satu sarana meningkatkan kesadaran generasi muda terutama mahasiswa tentang makna technopreneurship dan peranannya dalam menciptakan dampak positif di masyarakat.

Pada isi rangkaian agendanya, BEM Universitas Lampung pun telah mempersiapkan sejumlah pemateri handal untuk mengisi agenda Technopreneurship ini. Rangkaian kegiatan National Student Technopreneurship Program (NSTP) yang dilaksanakan pada Kamis 31 Maret 2016 ini menghadirkan pemateri dari Bukalapak.com yaitu Achmad Zaky yang merupakan pemilik e-commerce nomor satu se-Indonesia. Acara ini diramaikan oleh ribuan peserta diantaranya komunitas, mahasiswa, dan pelajar SMA/SMK sederajat.

Dari agenda ini, BEM mencoba mengajak masyarakat untuk memahami kemajuan kewirausahaan  berbasis teknologi serta kondisi industri teknologi di Indonesia. Sistem jual-beli secara online yang kini sedang “menjamur” dan sangat berkembang pesat sesuai dengan permintaan pasar. Semua perkembangan kewirausaan secara online ini juga merupakan dampak dari banyaknya penggunaan smartphone di kalangan masyarakat, sehingga akses untuk memenuhi kebutuhan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

“Melalui teknologi, diharapkan terciptanya iklim kondusif masyarakat ekonomi modern yang berbasis teknologi, serta segala informasi dan transaksi akan berjalan dalam tempo yang cepat dan menjangkau keseluruh penjuru dunia secara efisien”, tutup Ridwansyah. [Rf]