Assets Pend. Ekonomi Helat Semnas dan Reuni Akbar 2016

1058
Suasana aula K saat berlangsungnya seminar nasional,
Suasana aula K saat berlangsungnya seminar nasional,

(Eduspotnews) Peningkatan mutu pendidikan tidak dapat ditentukan dalam waktu yang singkat, sehingganya rangkaian upaya mulia mewujudkan pendidikan yang berkualitas ini merupakan suatu proses kreasi yang memerlukan waktu panjang dan andil dari berbagai pihak. Tak terlepas dari makna sejarah, bahwa apa yang ada sekarang adalah ‘buah’ dari upaya/usaha pada masa lampau. Pada catatan sejarah akan tertulis : Apakah kita berada pada posisi ‘pemerhati’, ‘pengamat’, atau ‘sebagai bagian dari pelaku torehan sejarah’.

Dalam menyikapi hal ini, Association Economic Education Students (ASSETS) yang merupakan salah satu forum kemahasiswaan di Program Studi Pendidikan Ekonomi menyelenggarakan serangkaian acara Economic Education Fair (EEF) dengan tema ‘Melalui EEF Menjalin Silaturahmi dan Terciptanya Generasi Muda yang Cerdas, Berprestasi dan Berkompeten’. Ada pun rangkaian kegiatannya antara lain, lomba cerdas cermat ekonomi, bazar buku dan produk hasil karya mahasiswa, seminar nasional dan reuni akbar.

Panji Ari Wibowo (Pendidikan Ekonomi 2013) selaku Ketua Umum Assets menegaskan bahwa gelaran kegiatan  EEF adalah dalam rangka mempersiapkan para calon-calon guru pendidikan ekonomi untuk berdaya saing dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kesiapan menghadapi tantangan di era MEA tidak luput dari peran guru profesional  sebagai pencetak para sumber daya manusia yang kelak akan menjadi pelaku di era MEA.

Selanjutnya di kesempatan yang sama, Prabowo Cahyadi (Pend. Ekonomi 2014) selaku Ketua Pelaksana kegiatan menerangkan kegiatan ini diselenggarakan sebagai manivestasi kepedulian dan cita-cita besar mahasiswa sebagai pengusung perubahan dan juga iron stock dalam upaya membangun pendidikan bangsa yang lebih baik di masa depan, terutama berkontribusi bersama pemerintah dan stake holder terkait dalam peningkatan mutu pendidikan.

Pada agenda seminar nasional, Assets menghadirkan Ketua II Asosiasi Profesi Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia, Dr. Ikaputera Waspada, M.M. dan Kepala Seksi Pembinaan SMA/SMK Disdikbud Provinsi Lampung, Drs. Joko Santoso selaku pembicara pada Seminar yang mengusung tema mengembangkan profesi guru ekonomi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Adapun pembahasan secara garis besar dalam seminar nasional ini yaitu sangat menekankan pada persiapan para calon pendidik dan tenaga pendidik kearah yang lebih berkualitas dan berdaya saing. Menjunjung tinggi nilai inovatif, kreatif, dan kemampuan berpikir kritis mengingat kini pola pembelajaran link and match di abad 21 dinilai sangat komprehensif.

Di akhir rangkaian EEF 2016 ini, Assets yang juga menggelar reuni akbar program studi pendidikan  ekonomi memfasilitasi para alumni dan tamu undangan untuk dapat berkeliling mengunjungi program studi pendidikan ekonomi serta lingkungan kampus FKIP Universitas Lampung. [Rf]