Dwi Wahyudi (Pend. Biologi 2013) Juara 1 National Essay Competition BIOMA

1060

Juara 1 National Essay Competition(Eduspotnews) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang pada tahun 2016 berkesempatan menggelar even menulis essay tahunan tingkat nasional pada Bidikmisi  On March (BIOMA) bertajuk “Revitalisasi  Peran  Pendidikan  dalam menyikapi    Generasi    Emas    2045”.

Peserta Lomba Essay Nasional BIOMA 2016 adalah mahasiswa D3/D4/S1 yang masih aktif dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Peserta Lomba Essay Nasional BIOMA 2016 diminta untuk membuat tulisan mengenai tema tersebut dan dapat disesuaikan dengan salah satu subtema yang telah disediakan oleh panitia, antara lain Character Building, Birokrasi Pendidikan, dan Warna Pendidikan Indonesia.

Adapun lomba yang selenggarakan dari 01 Januari hingga 27 Februari 2016 ini memiliki proses penyeleksian dalam lomba ini dibagi melalui dua tahap, yakni :

  1. Tahap seleksi  awal  esai  yang  dikirimkan  oleh  peserta  lomba  selanjutnya  dilakukan  seleksi naskah esai oleh dewan juri untuk diambil 10 (sepuluh) besar dengan naskah terbaik yang akan dilombakan di tahap final melalui presentasi.
  2. Tahap final, peserta yang lolos seleksi awal akan diberikan pengumuman melalui fanpage Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi­KBMB UIN Maliki Malang, yang selanjutnya finalis wajib untuk mempresentasikan hasil karya di hadapan dewan juri secara terbuka.

Berdasarkan hasil seleksi dan presentasi 10 besar peserta 5 Maret 2016 lalu yang ditampilkan dan muatan materi yang diusung para peserta, maka diputuskan bahwa pemenang National Essay Competition BIOMA tahun 2016 jatuh kepada Dwi Wahyudi, yang tidak lain adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2013 Universitas Lampung. [Rf]