FKIP Unila Tuan Rumah Pemilihan Ketua FORKOM FKIP Negeri Se-Indonesia

977
Penyerahan Piagam Peralihan Ketua Forkom dari Prof. Bujang Rahman (Unila) kepada Prof. Sufendi (Unsri).
Penyerahan Piagam Peralihan Ketua Forkom dari Prof. Bujang Rahman (Unila) kepada Prof. Sufendi (Unsri).

(Eduspotnews) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung berkesempatan menjadi tuan rumah pada perhelatan yang digelar oleh Forum Komunikasi (FORKOM) Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia, pada Sabtu 13 Februari 2016. Sebanyak 31 Dekan FKIP Perguruan Tinggi Negeri  diundangan untuk hadir dalam acara yang pemilihan ketua Forkom Periode 2016 – 2018 ini.

Kegiatan ini terpusat di Hotel Horison dan aula K FKIP Unila yang juga dirangkai dengan acara ramah tamah dengan mengundang Rektor Unila dan seluruh Dekan di lingkungan Universitas Lampung. Dalam pelaksanaanya, sebanyak 20 Dekan ditambah 2 Wakil Dekan hadir untuk menentukan hak suara dalam pemilihan. Adapun 11 Dekan FKIP lainnya berhalangan hadir dikarenakan tugas dan keperluan dinas yang tidak dapat ditinggalkan.

Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si. selaku ketua Forkom periode 2015-2016 dalam rapat menyampaikan hal-hal penting yang harus diantisipasi terkait keluarnya peraturan baru SNPT dan perturan-peraturan lain, misalnya peraturan tugas belajar/izin belajar dan peraturan status kepegawain dosen. Forkom juga sudah semestinya selalu memperhatikan perkembangan  kompetensi demi terwujudnya output pendidikan yang lebih baik.

Di kesempatan yang sama Prof. Furqon Hidayatullah mengingatkan bahwa salah satu tugas Forkom yakni melaksanakan “pengalawan pendidikan”. Hal ini sangat penting mengingat Kementerian Ristek dan Dikti tadinya menjadi satu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga akan ada penyesuaian terhadap kebijakan-kebijakan baru yang seterusnya diseragamkan di seluruh perguruan tinggi khususnya FKIP.  “Siapapun yang jadi kelak menjadi ketua, hendaknya harus menjadi volunteer dan ikhlas”, himbaunya disela-sela rapat.

Adapun rangkaian agenda pemilihan ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Bujang Rahman, M.Si. yang didampingi notulen Hasan Hariri, S.Pd., MBA, Ph.D. Dalam rangkaian rapat tertutup yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam, dihasilkan keputusan rapat yakni ketua Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonsia Periode 2016-2018 terpirih adalah Prof. Sofendi, MA, Ph.D yang tidak lain adalah Dekan FKIP Universitas Sriwijaya. Dengan terpilihnya ketua baru dalam kepengurusan Forkom tersebut, pimpinan rapat disepakati dilanjutkan dengan ketua terpilih. Adapun dalam sambutan perdananya setelah terpilih, Prof. Sofendi menyarankan bahasan selanjutnya yakni mengenai sharing informasi dan pembahasan isu mengenai pendidikan terkini secara berkesinambungan kelak akan dibahas pada pertemuan Forkom di Universitas Mataram Maret 2016 mendatang. [Rf]