Pendidikan Biologi Unila Sabet Gelar Juara 1 dan 2 Lomba Microteaching Tingkat Nasional

944
Lia dan Galuh Juara Microteaching tingkat Nasional di UPI Bandung
Lia dan Galuh Juara Microteaching tingkat Nasional di UPI Bandung

(Eduspotnews) Prestasi membanggakan baru saja diraih oleh dua mahasiswi program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung. Lia Septya (2012) dan Galuh Ayu Mungkashi (2013) berhasil meraih Juara I dan II Lomba Microteaching Tingkat Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, kemarin, Sabtu, 6 Februari 2016.

Keduanya berhasil memukau para juri karena mampu memberikan penampilan prima pada saat perlombaan. Dalam perlombaan tersebut, siswa sangat antusias dalam pembelajaran karena Lia menggunakan model DNA sebagai alat bantu pembelajaran. Sementara itu, Galuh mampu memancing rasa ingin tahu siswa dalam diskusi mengenai aktivitas manusia terhadap perubahan lingkungan. Selain itu, penampilan Lia dan Galuh yang enerjik dan interaktif mampu menjadikan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Lia Septya, mahasiswi kelahiran Kotabumi, 1 September 1994 yang sedang melaksanakan tugas akhir di Pendidikan Biologi ini, pada tahun sebelumnya sempat menjadi Juara Harapan I dalam ajang perlombaan yang sama. Sementara, bagi Galuh Ayu Mungkashi, mahasiswi semester 5 kelahiran Metro, 11 Oktober 1994, perlombaan ini merupakan pengalaman pertamanya.

Prestasi membanggakan ini tidak terlepas dari latihan dan persiapan matang yang dilakukan oleh mereka berdua, serta pemberian arahan dan strategi dalam mengikuti perlombaan mikroteaching oleh dosen Pendidikan Biologi.

“Selamat kepada Lia dan Galuh atas prestasi yang telah diraih. Ini merupakan capaian yang luar biasa. Ini menjadi semngat tersendiri bagi Program studi untuk terus menggali potensi-potensi yang kita miliki, sehingga dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih bahkan terus meningkatkan prestasi kita dari tahun ke tahun,” papar Berti Yolida, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Biologi FKIP Unila.

Lomba microteaching ini merupakan merupakan salah satu lomba tingkat Nasional dalam rangkaian kegiatan acara besar tahunan Bakti Formica Untuk Bangsa (BFUB) XVII. Peserta adalah Mahasiswa yang sedang menempuh Pendidikan S-1 atau alumni maksimal satu tahun telah lulus dari Jurusan Biologi atau Pendidikan Biologi se-Indonesia. Perlombaan ini bersifat individu dengan jumlah peserta yang tidak dibatasi.

Seleksi pertama berupa seleksi administrasi yaitu penyeleksian berkas berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dengan materi Biologi SMA (bebas/tidak dibatasi) untuk dipilih sebagai materi pembelajaran, beserta persyaratan yang harus dilampirkan. Peserta yang lolos seleksi administrasi kemudian masuk seleksi final yaitu seleksi pusat dengan konten simulasi mengajar menggunakan RPP yang telah dibuat pada seleksi administrasi. Seleksi final dievaluasi oleh 3 orang juri yang kompetitif dalam bidang pendidikan. Seleksi final akan dihadiri oleh siswa SMA sebagai siswa yang menjadi murid dalam simulasi mengajar. (Tri Suwandi/Foto: Lia Septya)