FKIP Unila Jadi Lokasi Studi Banding Unisma

1450
Salah satu dosen FKIP tengah menjelaskan berbagai peralatan yang ada di laboratorium Pendidikan Geografi FKIP Unila
Salah satu dosen FKIP tengah menjelaskan berbagai peralatan yang ada di laboratorium Pendidikan Geografi FKIP Unila

(Eduspotnews) Sejumlah mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam 45 Bekasi (Unisma) mengunjungi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung pada Selasa (19/01).

Kunjungan ini dalam rangka studi banding Pendidikan Geografi Unisma yang masuk dalam rangkaian program Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Pada kunjungan ini, ikut serta Dekan FKIP Unisma, Jaka Waluya. S.Pd., M.Pd. mendampingi mahasiswa dan dosen Pendidikan Geografi Unisma.

Dalam sambutannya, Jaka Waluya  menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak FKIP Unila karena dalam penyambutan rombongan dari Unisma sangat baik, termasuk peserta KKL difasilitasi untuk mengunjungi ruangan-ruangan di program studi geografi FKIP Unila, baik laboratorium hingga ruang perkuliahan. “Kunjungan ke FKIP Unila ini merupakan salah satu rangkaian program KKL di pendidikan geografi Unisma. Sebelum ke FKIP Unila, para rombongan telah terlebih dahulu ke taman nasional Way Kambas di Lampung Timur”, papar Jaka saat sambutan.

Jaka juga menjelaskan, kunjungan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa terjun langsung dan belajar tentang bagaimana perkembangan pendidikan geografi di universitas lain. Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lampung, sejak tahun 2015 sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Abdurrahman, M.Si. menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu sarana bagi institusi untuk membangun kerjasama dan mengembangkan penelitian khususnya terkait bidang pendidikan.

“Seyogyanya akan dilaksanakan Memorandum of Agreement (MoA) antara FKIP Unisma dan FKIP Unila, namun karena ada beberapa hal yang belum memadai untuk pelaksanaannya, maka MoA ini ditunda hingga mekanismenya telah terpenuhi”, jelas salah satu dosen pendamping kepada Eduspot.

Setelah dari kunjungannya ke FKIP Unila, rombongan peserta KKL Pendidikan Geografi Unisma menyempatkan diri menuju Pantai Sari Ringgung Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Lokasi ini dipilih karena info mengenai keindahan alam daerah tersebut sudah cukup dikenal oleh para wisatawan khususnya domestik.[Rf]