Rili Windiasih (BAN-PT) : Saya yakin dengan keunggulan IT FKIP Unila

1711
Rili Windiasih (Tengah) saat melaksanakan visitasi Prodi Pendidikan Kewarganegaraan
Rili Windiasih (Tengah) saat melaksanakan visitasi Prodi Pendidikan Kewarganegaraan

(Eduspotnews) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan visitasi pada program studi (Prodi) Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Universitas Lampung, pada Selasa (6/10). Adapun visitasi tersebut dilakukan erat kaitannya dengan proses akreditasi prodi Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Unila.

Perwakilan dari BAN-PT yang memvisitasi prodi Pendidikan Kewarganegaraan yakni Prof. Dr. Sjamsi Pasandaran, M.Pd. (Unima Manado) dan Dr. Dra. Rili Windiasih, M.Si. (Unsoed). Visitasi ini dilaksanakan dari 5 sampai 8 Oktober 2015 meliputi visitasi tingkat fakultas dan program studi. Untuk di tingkat fakultas, Dekan FKIP Bujang Rahman didampingi para wakil dekan, ketua jurusan PIPS, ketua prodi Pendidikan Kewarganegaraan, dan beberapa ketua unit di FKIP memaparkan beberapa capaian yang telah dilakukan meliputi kinerja fakultas-program studi, menejemen dan kepemimpinan dekan. Selain itu dekan juga menyampaikan inovasi yang telah dilakukan FKIP pada bidang Informasi dan Teknologi (IT). Penjabaran pelayanan yang dilaksanakan oleh FKIP Unila kini telah terintegrasi dengan  sistem online.

Selanjutnya, dekan juga menyampaikan beberapa kemajuan FKIP yang diperoleh dalam bidang teknologi dan publikasi. Antara lain penerapan sistem legalisir online, anjungan informasi, portopolio dosen, hingga sertifikasi guru. “Kini informasi sertifikasi guru dapat diperoleh melalui situs resmi FKIP di http://fkip.unila.ac.id, sehingga sekarang gedung sertifikasi tidak lagi ramai”, ujar Bujang saat menjelaskan visitasi.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Rili Windi selaku asesor menanggapi baik inovasi yang dimiliki FKIP Unila ini. “Saya yakin dengan keunggulan IT FKIP Unila. Seperti yang dijelaskan tadi, kepemimpinannya pun dapat terlihat dari beberapa pemaparannya mengenai IT ini”, singkat Rili saat diskusi di ruang dekan.

Kemajuan-kemajuan FKIP yang disampaikan dalam visitasi tersebut ada kaitannya dengan kinerja program studi. Semua program studi di FKIP ikut memanfaatkan media informasi yang berbasis website. Bujang juga menyampaikan bahwa ada beberapa program studi yang mulai menyelenggarakan kuliah virtual dengan bantuan TV Streaming FKIP yakni Eduspot TV. Terkait visitasi tersebut, BAN-PT juga mengunjungi prodi Pendidikan Kewarganegaraan untuk melakukan penilaian pada setiap standard. [Rf]