Tahun 2015 Merupakan PLPG Terakhir di Rayon 107 Unila

2509
Rapat Persiapan PLPG
Rapat Persiapan PLPG

(Eduspotnews) FKIP Universitas Lampung sebagai Rayon 107 Sertifikasi Guru wilayah Lampung, kembali akan melaksanakan sertifikasi guru melalui pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Jadwal resmi pelaksanaannya yakni dimulai pada 9 Oktober sampai 8 November 2015.

Mengingat ini merupakan pelaksanaan terakhir sertifikasi guru pola PLPG, maka FKIP melaksanakan koordinasi kepada segenap asesor dan panitia pelaksana sertifikasi di aula K FKIP Unila pada Senin (5/10). Turut hadir beberapa perwakilan perguruan tinggi di Lampung yang nantinya akan tergabung dalam tugas sertifikasi guru bekerja sama dengan Unila. Adapun perguruan tinggi tersebut antara lain, Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro), STKIP Bandar Lampung, dan STKIP Pringsewu.

Dekan FKIP Unila, Dr. Bujang Rahman, M.Si menghimbau kepada para asesor PLPG agar kelak dalam melaksanakan PLPG agar selalu dilaksanakan maksimal. “Sertifikasi guru pola ini merupakan yang terakhir, sehingga para asesor dan pengawasnya kelak (PJK) diharapkan untuk lebih bijaksana. Usai dari  sertifikasi ini, di tahun selanjutnya akan dilaksanakan model sertifikasi guru dengan pola Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).“

Peserta sertifikasi guru Rayon 107 Universitas Lampung tahun 2015 yang akan mengikuti PLPG berjumlah kurang lebih 1916 orang. Mereka terdiri dari delapan mata pelajaran dan pelaksanaannya dibagi menjadi 3 tahapan. Informasi detail mengenai tempat pelaksanaan, waktu, hingga asesor para peserta PLPG dapat diakses pada laman http://sertifikasi.fkip.unila.ac.id/ dengan cara memilih menu pencarian dengan kode nama peserta pada search engine yang telah disediakan.

Peserta sertifikasi guru melalui PLPG 2015 adalah guru telah mengajar sebelum tahun 2006. Guru yang telah memenuhi syarat akan mengikuti PLPG di LPTK yang ditunjuk selama 10 hari dengan alokasi waktu 90 jam pembelajaran. Guru yang lulus program PLPG akan memperoleh sertifikat pendidik dan akan mendapat tunjangan profesi. [Rf]