FKIP Peringati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2015

476
Dekan FKIP Memimpin Upcara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Dekan FKIP Memimpin Upcara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

(Eduspotnews) Segenap jajaran pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) beserta para mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM-F) dan Forum Komunikasi Pendidikan Kewarganegaraan (Fordika) menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di pelataran aula K FKIP Unila, Kamis (10/1). Bertindak langsung sebagai inspektur upacara, Dekan FKIP Unila Dr. Bujang Rahman, M.Si. dan dihadiri para wakil dekan dan mahasiswa.

Peringatan Hari kesaktian pancasila ini merupakan salah satu rasa syukur pihak akademisi khususnya FKIP Unila atas disatukannya Indonesia pada waktu yang lampau dengan konsep Pancasila sebagai pedoman dasar negara yang sekaligus menjadi dasar dalam berpikir, bersikap dan berperilaku bagi warga negaranya. Dengan mengimplementasikan setiap sila dalam Pancasila, maka sejatinya bangsa Indonesia mampu menjadi manusia yang utuh sesuai dengan kondrat dan kehendak  Tuhan  Yang   maha  Kuasa dengan ciri kepribadian Pancasila yang belum tentu dimiliki oleh bangsa lain.

Bujang Rahman juga menyampaikan rasa bangganya kepada para mahasiswa atas terselenggaranya Upacara ini. “Di era yang seperti sekarang ini, tidak semua unsur peduli dengan Pancasila.  Namun ditengah-tengah kondisi ini, justru FKIP Unila masih konsisten memperingati Hari Kesaktian Pancasila, artinya kita masih yakin bahwa Pancasila itu sakti dan kita terus bertekad untuk mengamalkannya demi kemajuan bagsa dan negara”, tegasnya saat diwawancarai.

Selanjutnya, dengan diterimanya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional, hal ini juga membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai Pancasila harus dijadikan  landasan  pokok  dan  landasan  fundamental  bagi penyelenggaraan bernegara sekaligus  mengatur penyelenggaraan negara disegala bidang, baik bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, hukum,   pertahanan dan  keamanan.

Upaya sungguh-sungguh pun terus digalakan agar nilai-nilai Pancasila terus menjadi nilai-nilai strategis sebagai pendorong terwujudnya integritas, kerja keras, dan gotong royong guna merekatkan persatuan   dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di kesempatan yang sama, Wakil Dekan III Dr. Muhammad Fuad, M.Hum juga menyampaikan apresiasinya kepada segenap peserta upacara. Para pimpinan FKIP sangat bangga akan prakarsa pelaksanaan peringatan Kesaktian Pancasila kali ini. Hal ini dikarenakan peringatan kali ini jauh lebih hikmat dari pada ditempat lain. Hal ini terbukti dari tidak ada kesalahan dalam penyelenggaraannya dari awal hingga akhir.  Fuad menghimbau agar disiplin ini diwariskan kepada generasi penerus setelahnya. [Rf]