Capai Tiga Standar Sempurna, FKIP Peroleh Nilai 974 Dari 1000

747

Suasana Proses Audit Internal di Ruang Dekan FKIP

(Eduspotnews) Tim audit internal Universitas Lampung melaksanakan penilaian di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada Kamis (13/8). Tim auditor ini antara lain Prof. Warsito, Taharuddin, M.Sc, dan Teuku Fahmi, M.Krim. Pelaksanaan audit terfokus di ruang Dekan FKIP dengan dihadiri semua ketua unit di lingkungan FKIP serta para ketua jurusan. Dr. Abdurrahman, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama memimpin presentasi dan pemaparan mengenai tujuh standar penilaian yang diajukan oleh pihak auditor.

Dalam pemaparannya, Abdurrahman menguraikan strategi, pencapaian falukultas, kegiatan dan tujuan masing-masing unit, hingga pelayanan dan pelaksanaan pembelajaran di FKIP. Ada pun unit yang ada di FKIP yaitu, Unit Database dan Publikasi Ilmiah, Unit Penjaminan Mutu Fakultas yang juga menaungi program studi, Unit Praktik Lapangan Terpadu dan Unit Pelayanan Konseling Terpadu.

Beberapa capaian yang telah diperoleh FKIP selama setahun terakhir yakni juara 1 webomatric, dimana website FKIP merupakan salah satu penyokong nilai terbanyak ke universitas, tingkat fakultas sehingga kini Unila memperoleh predikat terbaik 10 Se-Indonesia dinilai dari segi webomatric. Selanjutnya, model  Kuliah Kerja Nyata Kependidikan Terintegrasi (KKN-KT) yang dijalankan FKIP Unila, telah menjadi salah satu contoh atau model KKN di beberapa kampus FKIP yang ada di Indonesia. Selain capaian dibidang dibidang penjaminan mutu hingga sistem tata kelolanya, Dekan FKIP Unila, Dr. Bujang Rahman, M.Si juga merupakan ketua Forum Komunikasi (FORKOM) FKIP Negeri Se-Indonesia yang ini menjadi salah satu poin penilaian.

Di tengah proses audit, Prof. Warsito menegaskan bahwa visi ideal, yakni ketika institusi memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Adapun kriteria yang dimakasud yaitu memenuhi target/harapan, ruang lingkup waktu dan wilayah, serta mudah dipahami, artinya tidak menimbulkan konotasi dan mudah dihafal.

Dengan melihat serta menilai ketujuh standar yang telah ditetapkan, maka diperolehlah tiga poin sempurna pada standar satu, lima dan tujuh yang semuanya mencapai 100 persen. Adapun empat standar lain juga mendapat poin tidak kurang dari 93 persen. Total keseluruhan nilai yang diperoleh FKIP pada audit internal tahun 2015 ini adalah berjumlah 974,60 dari nilai maksimal 1000. “Perolehan nilai ini lebih tinggi dibanding nilai tahun 2014 lalu”, ujar ketua Unit Penjaminan Mutu, Dr. Sunyono saat ditemui di ruang kabag Tata Usaha FKIP Unila.

Namun dengan baiknya nilai yang diperoleh ini, ada juga beberapa catatan yang diberikan auditor kepada FKIP untuk menjadi perbaikan ke depan. Antara lain mengenai perlunya pengesahan pada tiap-tiap Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan dan juga pengesahan pada dokumen kebijakan mutu dan standar mutu. Keseluruhan penilaian ini nantinya akan dibandingkan dengan tujuh fakultas lain yang ada di Universitas Lampung dan hasil akhir penilaian akan diumumkan pada malam puncak Dies Natalis Universitas Lampung ke 50 September nanti.[Rf]