Kunjungan SMA Al Kautsar Ke FKIP Unila

1038

Sambutan Wadek I Dihadapan Siswa SMA Al Kautsar

(Eduspotnews) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  menerima kunjungan siswa-siswi dari SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada, Senin (3/8). Kehadiran rombongan tersebut disambut oleh Wakil Dekan I (Wadek I) Bidang Akademik dan Kerjasama  Dr. Abdurrahman, M.Si. di aula A FKIP. Kunjungan SMA Al-Kautsar yang beranggotakan 162 siswa dan 6 orang guru pendamping ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung dunia kampus dan pembagian jurusan serta program studi yang ada di lingkungan FKIP Unila.

Dalam pertemuan langsung itu, Wadek I memperkenalkan kampus FKIP dalam presentasi profil kampus secara umum dibantu salah satu staf Information and Communications Technology (ICT) FKIP, Amarullah, S.T.  Dalam penyampaiannya, Abdurrahman menyampaikan bahwa kini fasilitas pelayanan FKIP sudah dapat diakses dari mana saja karena berbasis online. Pelayanan itu antara lain seputar informasi sertifikasi guru, pelayanan legalisasi ijazah maupun transkrip, informasi tingkat keketatan program studi, kepengurusan wisuda, informasi akademik, penggunaan gedung dan lain sebagainya.

Ia juga menyampaikan bahwa FKIP mencari para siswa yang tahfidz Qur’an untuk berkuliah di FKIP Unila. “Kami menerima siswa yang tahfidz Qur’an minimal 10 juz serta direkomendasikan kepala sekolahnya untuk berkuliah di FKIP Unila dan dapat memilih program studi yang ia kehendaki”, ujar Abdurrahman.

Hal tersebut dilakukan guna mencapai visi FKIP Unila mencetak guru-guru yang hafidz pada tahun 2025.  “Kami baru saja menerima siswa hafidz 25 Juz dari salah satu SMA Baitul Muslim Lampung Timur dan di  FKIP dia memilih Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan”, tambahnnya.

Di kesempatan yang sama, Ersontowi,M.Pd salah satu guru pendamping menyampaikan, melalui kunjungan ini, FKIP Unila diharapkan memberikan peluang-peluang lebih tinggi kepada putra-putri daerah Lampung untuk berkuliah di FKIP Unila, lebih khusus lagi bagi para lulusan SMA Al-Kautsar. Ia juga menambahkan bahwa para siswa – siswi di SMA Al Kautsar dipersiapkan menjadi lulusan yang berpengetahuan tinggi dan berwawasan ilmu pengetahuan serta takwa, ini terbukti dengan berbagai program yang telah dilaksanakan di sekolah, misalnya program setoran hafalan Qur’an (muroja’ah).

FKIP Unila memiliki berbagai macam jenis beasiswa yang dapat diperoleh pada saat menjadi mahasiswa. Beasiswa itu antara lain PPA, BBP-PPA, Bank BI, Supersemar, BCA, BUMN, dan masih banyak lagi.  Adapun program unggulan Unila yakni penerimaan mahasiswa jalur PMPAP yang mana mahasiswa dibebaskan dari SPP semesteran. “Ketika sudah menjadi mahasiswa banyak peluang memperoleh beasiswa, yang harus dipikirkan sekarang adalah bagaimana cara untuk masuk ke universitas itu sendiri”, tegasnya Abdurrahman.

Selanjutnya, Irfan Fadilah salah satu siswa menyampaikan bahwa dalam program Orientasi Prestasi Siswa yang dilakukan oleh SMA Al-Kautsar sangat berkesan dan menjadi lebih mengerti tentang FKIP UNILA.  Irfan berharap lebih banyak lagi siswa yang ditampung di Universitas Lampung, khususnya di FKIP UNILA. “Sukses terus buat UNILA”, ujarnya saat diwawancara. (Rf/Ty)