Pelepasan Mahasiswa KKN Unila 2015

1501

Rektor Menyerahkan Peserta KKN Secara Simbolis Kepada Pemerintah Dareah

(Eduspotnews) Rektor Universitas Lampung Prof. Sugeng P. Harianto secara resmi melepas 1.619 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), pada Kamis (23/7). Pada KKN periode Juli-September ini Unila menempatkan mahasiswanya pada 7 kabupaten di Lampung. Lokasi itu diantaranya terdapat di Kabupaten Lampung Barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, Tulang Bawang Barat, Pesawaran, Tanggamus dan Pesisir Barat. Selain itu terdapat 30 mahasiswa yang dipersiapkan untuk kelompok KKN Kebangsaan yang penempatannya berada di garis terluar Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya Rektor menjelaskan bahwa Lampung Barat menjadi lokasi dengan mahasiswa KKN terbanyak tahun ini yaitu berjumlah 464 Mahasiswa. Mengingat KKN juga merupakan salah satu langkah tridarma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, Sugeng berharap agar mahasiswa KKN dapat menjaga nama baik Unila. “Hal ini juga menjadi acuan untuk mencapai visi Unila menuju sepuluh besar perguruan tinggi terbaik Se-Indonesia pada tahun 2025,” ujar Rektor dua periode ini.

Dalam pelepasan mahasiswa KKN Universitas Lampung ini juga, terdapat rangkaian acara yakni penyerahan peserta KKN kepada Gubernur Lampung secara simbolis yang selanjutnya diserahkan kepada Bupati dari Kabupaten yang menjadi lokasi KKN. Dalam sambutan Gubernur Lampung yang diwakilkI oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Albar Hasan Tanjung menyampaikan lima pesan kepada Mahasiswa KKN; mahasiswa harus menjaga nama baik diri sendiri, keluarga dan almamater, bersikap sopan santun, rendah hati dengan masyarakat, memberikan makna untuk masyarakat, menjadikan tempat KKN sebagai laboratorium pembelajaran serta berkoordinasi dengan aparat setempat untuk kelancaran pelaksanaan KKN.

Mahasiswa KKN yang didominasi angkatan 2012 ini selanjutnya akan diberangkatkan menuju lokasi mulai sabtu malam dari kabupaten terjauh dan seterusnya hingga kabupaten  yang terdekat dengan Bandar Lampung. (Rf)