Diklat Pengetahuan Dunia Kerja Persiapkan Mahasiswa Bidikmisi Lebih Berdaya Saing

1332

Foto Bersama Mahasiswa Bidikmisi Angkatan II

(Eduspotnews) Sesuai pedoman terkait tujuan adanya beasiswa bidikmisi, para mahasiswa dipersiapkan menjadi lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial. Para lulusan dari para penerima beasiswa ini pun diharapkan mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Mengingat prestasi akademik yang baik saja tidak menjamin menjamin lulusan suatu perguruan tinggi akan mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Sebaliknya, meskipun nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pas-pasan, juga tidak sedikit alumni yang dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan. Ini dikarenakan lapangan pekerjaan yang ditemui biasanya mencantumkan kriteria khusus dalam proses rekrutmen tenaga kerjanya.

Atas dasar itu, Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FKIP Universitas Lampung, Selasa (1/7/2015), menggelar pelatihan persiapan memasuki dunia kerja. Pelatihan yang dilaksanakan beberapa hari di awal bulan Juli 2015 ini  dan dikhususkan bagi para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Diharapkan melalui kegiatan ini para mahasiswa Bidikmisi, tidak hanya mampu meraih prestasi akademik di bangku kuliah, tetapi juga mampu berprestasi setelah di wisuda dengan menekuni lapangan pekerjaan yang membanggakan.

“Mahasiswa bidikmisi merupakan orang yang telah diseleksi sedemikian rupa, oleh karena itu para penerima beasiswa ini pun perlu menerima kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler sebagaimana yang tercantum dalam pedoman beasiswa bidikmisi,” terang Muhammad Fuad selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni saat membuka diklat.

Saat ini banyak dunia usaha dan lapangan pekerjaan baik swasta maupun pemerintahan yang menetapkan kreteria-kreteria tertentu dalam merekrut tenaga kerja atau pegawainya. Bermodal nilai IPK yang tinggi saja terkadang tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan.

Pemateri yang dihadirkan merupakan para akademisi Unila yang ahli di bidangnya. Mereka antara lain yaitu Dr. Sunyono, M.Si.; Budi Kadaryanto, S.Pd.; Diah Utaminingsih, S.Psi, M.A, Psi., M.A; Antomi Saregar, S.Pd., M.Sc, M.Si., dan beberapa pemateri handal dari berbagai disiplin ilmu.

Pada pelatihan ini, para mahasiswa dibekali beberapa materi tentang persiapan memasuki dunia kerja, diantaranya tips dan trik menghadapi wawancara dan psikotest, konsep surat lamaran kerja yang baik, bagaimana cara mencari lapangan pekerjaan yang sesuai dengan basis keilmuan, dan juga para mahasiswa dibekali bagaimana cara menciptakan lapangan pekerjaan dengan gambaran berbagai kebutuhan masyarakat saat ini. Terdapat 151 mahasiswa semester VIII yang masuk dalam angkatan II Bidikmisi FKIP ini. Jumlah ini sudah termasuk 34 orang yang telah di wisuda dan 11 orang lain diantaranya sudah ujian komprehensif.

Selain pelatihan ini, pihak kemahasiswaan FKIP juga telah melaksanakan berbagai pelatihan bagi para mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Hal ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kreativitas, sehingga para mahasiswa Bidikmisi mampu mengukir prestasi baik di internal maupun eksternal kampus. (Rf)