Bursa Efek Indonesia “Sounding” Saham di FKIP Unila

720
Suasana Penyampaian Materi oleh TIM BEI

Suasana Penyampaian Materi oleh TIM BEI

(Eduspotnews) “Kenali Produknya, Pahami Resikonya, dan Raih Keuntungan di Pasar Modal Indonesia”, inilah tema yang diangkat oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada saat memberikan  edukasi pasar modal 2015 di FKIP Universitas Lampung, Jum’at (12/6). Acara yang diselenggarakan ini adalah hasil kerjasama Association of Economic Education Student (ASSETS) Pendidikan Ekonomi FKIP Unila dengan BEI Wilayah Lampung. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Abdurrahman, M.Si didampingi dosen pendidikan ekonomi, Drs. Nurdin, M.Si.

Fadli selaku salah satu pemateri dari BEI menjabarkan bahwa pasar modal secara umum adalah suatu sistem keuangan yang terorganisasi, termasuk di dalamnya terdapat bank-bank komersial dan semua lembaga perantara dibidang keuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar.

Secara harfiah, pasar modal adalah suatu pasar (tempat, berupa gedung) yang disiapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek.

Fadli juga menekankan kapada peserta acara yang mayoritas mahasiswa pendidikan ekonomi ini, bahwa pentinya menanam modal berupa saham sejak sekarang. “Bahwa saat ini mayoritas saham perusahaan-perusahaan di Indonesia dimiliki oleh asing, sehingga ini akan berpengaruh sangat besar pada kerawanan krisis permodalan yang juga nanti akan berpengaruh pada moneter”.

Bursa efek atau yang biasa disebut bursa saham yakni sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan saham perusahaan yang sudah terdaftar. Bursa efek merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah.

Bursa efek menjadi suatu lokasi atau pusat informasi saham dan obligasi.  Bursa saham modern kini adalah jaringan elektronik yang memberikan keuntungan dari segi kecepatan dan biaya transaksi. Pihak yang bertransaksi tidak perlu saling tahu lawan transaksinya, perdagangan dalam bursa hanya dapat dilakukan oleh seorang anggota pialang saham. Permintaan dan penawaran dalam pasar-pasar saham didukung faktor-faktor seperti halnya dalam setiap pasar bebas yang mempengaruhi harga saham.

Menurut Fadli sudah banyak  perusahaan-perusahaan besar di indonesia sudah bergabung dengan BEI. Ia mengajak para mahasiswa untuk mencoba menanamkan modalnya dalam berupa saham pada perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar di BEI. (Kay/Rf)