FKIP Unila Memilih Senat Universitas Periode 2015-2019

736

Para Kandidat Senat Universitas Perwakilan FKIP

(Eduspotnews) Berakhirnya masa tugas para anggota senat universitas, perwakilan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), maka pada Kamis (4/6) FKIP melangsungkan pemilihan raya (pemira) untuk menentukan anggota senat perwakilan fakultasnya. Rapat senat yang berlangsung di gedung baru FKIP ini dihadiri 155 orang dosen aktif yang memiliki hak suara. Pada peraturan yang telah ditetapkan, senat fakultas diwakili oleh 4 orang dosen yang berkomposisi sebagai guru besar dan non guru besar. Dari hasil verifikasi berkas dan penjaringan melalui formulir pendaftaran, muncul 6 kandidat anggota senat yang sudah memenuhi persyaratan. Mereka diantaranya adalah ; Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd; Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd; Drs. Nengah Maharta, M.Si;  Drs. Nurdin, M.Pd; Dr. Nurlaksono Eko R, M.Pd dan Drs. Sudirman Husin, M.Pd.

Rapat pemilihan senat ini dipimpin langsung oleh Dr. Bujang Rahman, M.Si. yang saat ini juga menjabat sebagai Dekan FKIP Unila. Pemilihan dilakukan dengan mengisi pilihan pada kertas suara yang telah dipersiapkan oleh panitia, yang selanjutnya dimasukkan ke dalam kotak suara.

FKIP sebagai fakultas terbesar di Universitas Lampung memiliki jumlah 183 orang dosen aktif yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) yang tersebar di empat jurusan dan 24 program studi.

Ada pun syarat dan ketentuan pemilihan, pengangkatan, dan pemberhentian anggota senat universitas, semuanya diatur di dalam peraturan senat non peraturan rektor. Hal tersebut tertuang dalam pasal 41 ayat 12 dari statuta Unila. Calon senat universitas pun adalah para dosen yang tidak tergolong anggota ex officio. Mereka diantaranya yakni rektor dan wakil rektor, dekan, direktur pascasarjana, ketua lembaga, dan wakil dosen dari fakultas yang tidak sedang memegang jabatan struktural.

Pemilihan senat yang dilaksanakan sejak pukul 13.00-16.15 WIB, menghasilkan 3 nama calon senat terpilih dan 1 nama senat yang sudah ditetapkan sesuai peraturan karena perwakilan guru besar. Nama-nama dan hasil suara pemilihan tersebut adalah sebagai berikut :

Guru Besar         : Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd;

Non Guru Besar:

No.

Nama

Perolehan Suara

1

Dr. Nurlaksono Eko R, M.Pd.  34

2

Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd 41

3

Drs. Nengah Maharta, M.Si

41

4

Drs. Nurdin, M.Pd

3

5

Drs. Sudirman Husin, M.Pd  36

Dr. Bujang Rahman selaku Dekan FKIP mengucapkan terimakasih atas kontribusi para dosen dalam keikutsertaannya dalam pemilihan raya ini. Kemudian hasil akhir dari pemilihan ini akan laporkan ke universitas untuk selanjutnya dikukuhkan. (Rf)