Perkuat Publikasi Institusi, Humas Gelar Pelatihan Jurnalistik

761
Sesi Pertama Diklat oleh Sudarmono (Lampost)

Sesi Pertama Diklat oleh Sudarmono (Lampost)

(Eduspotnews) Guna menambah kualitas publikasi dan pemberitaan di lingkungan Universitas Lampung (Unila), Subbagian Hubungan Masyarakat (Humas) Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Unila menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi para staf publikasi di Unila, Kamis (10/6). Kegiatan yang digelar di Hotel Widara Asri ini diikuti 60 peserta yang merupakan staf administrasi dan pengelola website di fakultas, biro, maupun lembaga di unit kerja kampus.

Diklat dibuka langsung Kepala BPHM Drs. Mardi Syahperi, M.M. yang mewakili Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam sambutannya, Mardi berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta mampu bekerja sama dengan pihak universitas dalam memberikan informasi terkait kegiatan masing-masing unit kerja dan berkoordinasi tentang pembuatan press release kegiatan terkini.

Pelatihan ini mengundang Sudarmono sebagai narasumber pada sesi pertama dari Lampung Post, Rinda Mulyani dari Radar Lampung pada sesi kedua dan Wirahadikusumah pada sesi terakhir. Adapun materi yang disampaikan antara lain dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan berita, membuat press release, dan bagaimana membangun hubungan baik dengan media massa

Sudarmono sebagai salah satu wartawan senior Lampung Post lebih lanjut berbagi pengalaman tentang aturan-aturan secara detil saat peliputan dan pengambilan gambar berita. Berbeda dengan Sudarmono, sesi kedua yang diisi oleh Rinda Mulyani lebih memaparkan tata cara menulis berita danpembagian jenis-jenis berita.

Di sesi terakhir, pemaparan mengenai etika di dalam pers lebih dititikberatkan oleh Wirahadikusumah yang juga selaku Redaktur harian Radar Lampung .

Dalam penyampaian, Wira memaparkan bahwa hubungan antara humas institusi dan pers saling berkaitan. Hal ini dikarenakan pers adalah sarana bagi humas untuk menginformasikan seluruh kegiatan oleh institusinya kepada masyarakat umum.  “Ada beberapa hal yang dapat menimbulkan hubungan baik dengan pers, yakni membuat siaran pers, mengadakan konferensi pers, wawancara khusus, press tour, sponsor dan kunjungan ke kantor pers.

Kepala Subbagian Humas BPHM M. Badrul Huda mengatakan, Humas berupaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di lingkungan Unila, terutama di bidang jurnalistik.

“Ini adalah langkah awal humas menjadikan staf di lingkungan Unila dapat berkontribusi dalam menyumbangkan informasi dan dokumentasinya kepada universitas, agar dapat diketahui secara terpusat oleh Subbagian Humas,” urai Badrul saat diwawancarai di sela-sela diklat.  (Rf)