Tuba Barat Cerdas dan Indonesia Mengajar Sambangi Unila

1110

Foto Bersama Tim 9 dan Indonesia Mengajar

(Eduspotnews) Tim 9 Tulang Bawang Barat (Tubabar) Cerdas bersama Pengajar Muda Indonesia Mengajar Angkatan IX bertandang ke kampus Universitas Lampung, Bandar Lampung pada Rabu (13/5). Lebih dari 60 mahasiswa dan alumni hadir memenuhi aula CCED Universitas Lampung. Acara tersebut merupakan bagian dari program sosialisasi program perdana Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat pada bidang pendidikan. Kegiatan ini terbagi menjadi tiga sesi yaitu pemaparan kondisi pendidikan di Tulang Bawang Barat, sosialisasi program Tubabar Cerdas dan tanya jawab.

Seperti dilansir tulangbawangbaratcerdas.org , Yulia, salah satu anggota tim 9 Program Tulang Bawang Barat Cerdas sekaligus guru teladan Kabupaten Tulang Bawang Barat, mengatakan, pemda Tuba Barat ingin mahasiswa dan alumni terbaik ikut berpartisipasi dalam program ini. Program ini adalah bentuk kesungguhan jiwa kepemimpinan seorang warga Negara Indonesia mengabdi di bidang pendidikan” (red).  Yulia juga memaparkan tentang kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat  yang ingin mewujudkan Kabupaten Tuba Barat sebagai pusat pendidikan. Langkah ini sebagai upaya membangkitkan semnagat pemerataan pendidikan dimulai dari lapisan paling bawah tingkat satuan pendidikan.

Untuk mewujudkan tujuan sebagai kabupaten pendidikan, saat ini Pemkab Tuba Barat menggandeng tim dari Gerakan Indonesia Mengajar untuk menyukseskan program ini. Tiga dari Sembilan orang anggota tim Program Tulang Bawang Barat Cerdas ini adalah alumnus Indonsia Mengajar dari berbagai angkatan, Dalam roadshow ini, hadir pula dua anggota aktif Pengajar Muda gerakan Indonesia Mengajar angkatan IX yang ditempatkan di Tulang Bawang Barat, Diyon dan Dhita. Tulang Bawang Barat mejadi lokasi penempatan Pengajar Muda gerakan Indonesia Mengajar selama sembilan generasi.

Selama lima tahun berada di Tuba Barat, Indonesia Mengajar telah berkontribusi pada kemajuan dunia pendidikan Tuba Barat, dengan mengajar di sekolah sekolah dasar daerah penempatan. Dilansir dari laman resmi program Tulang Bawang Barat Cerdas, keberadaan Pengajar Muda Indonesia Mengajar menggandeng  guru-guru, kepala sekolah, juga pengawas untuk lebih berdedikasi pada bidang kerjanya. Desember 2014 silam, Forum Kepemimpinan Penggerak Daerah (FKPD) oleh Indonesia Mengajar  mengundang para local champion dan pemda dari daerah penempatan Pengajar Muda termasuk para akademisi daerah setempat hingga tercetuslah program Tulang Bawang Barat Cerdas

Berbekal dukungan penuh dari Pemerintah Daerah (Bupati), Dinas Pendidikan Tuba Barat pun menindak lanjuti ide ini secara sungguh-sungguh. Dengan melibatkan tenaga profesional sebagai Project Officer Tuba Barat Cerdas, program yang digawangi langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Tuba Barat juga mengajak guru-guru, kepala sekolah serta pengawas untuk mewujudkan dan menjalankan ide tersebut. Dinas Pendidikan ingin memperlihatkan kesungguhannya membuat sebuah program yang berkualitas dan dikelola secara profesional. Bukan hanya program, tetapi Tuba Barat Cerdas merupakan sebuah gerakan yang mengajak putra-putri daerah Lampung maupun di luar daerah Lampung untuk turut serta memajukan pendidikan di Kabupaten Tuba Barat. Dengan menjadi bagian dari masyarakat Lampung selama satu tahun, mengajar di Sekolah Dasar, untuk mewujudkan pendidikan yang merata dan masyarakat yang sadar serta terlibat dalam kemajuan pendidikan.

“Itu merupakan presentasi yang sangat menarik”, ujar salah satu mahasiswa. “kami belajar banyak dan saya khususnya ingin berpasrtisipasi dalam program ini setelah saya lulus nanti”

Program yang digawangi langsung oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Yayasan Indonesia Mengajar ini memiliki beberapa tahap perekrutan Pengajar Cerdas – julukan pengajar program Tulang Bawang Barat Cerdas- diantaranya pendaftaran, seleksi I, seleksi II, seleksi III, pelatihan, penugasan, dan pascapenugasan. Pendaftaran dimulai pada tanggal 1 Juni 2015 sampai 31 Juli 2015 dengan mengakses laman resmi program www.tulangbawangbaratcerdas.org (Fd)